Idul Adha 2024 di Arab Saudi Tanggal 16 Juni: Keputusan Berdasarkan Pengamatan Hilal

- 10 Juni 2024, 13:00 WIB
Idul Adha 2024 di Arab Saudi Tanggal 16 Juni: Keputusan Berdasarkan Pengamatan Hilal
Idul Adha 2024 di Arab Saudi Tanggal 16 Juni: Keputusan Berdasarkan Pengamatan Hilal /

DEMAK BICARA - Kerajaan Arab Saudi telah menetapkan bahwa Idul Adha 2024 jatuh pada hari Minggu, 16 Juni 2024. Keputusan ini diambil setelah pengamatan hilal Zulhijah yang dilakukan di seluruh penjuru negeri pada tanggal 29 Zulkaidah 1445 H, bertepatan dengan Kamis, 6 Juni 2024.

Mahkamah Agung Arab Saudi mengumumkan bahwa hilal Zulhijah 1445 H telah terlihat pada Kamis petang, yang menandakan awal bulan Zulhijah jatuh pada Jumat, 7 Juni 2024.

Penetapan ini, hari Arafah, yang merupakan hari puncak pelaksanaan ibadah haji di mana para jemaah haji melakukan wukuf di Padang Arafah, jatuh pada hari Sabtu, 15 Juni 2024.

Baca Juga: Penetapan Resmi Idul Adha 1445 H oleh Arab Saudi: Perayaan Jatuh pada 16 Juni 2024

Pengumuman resmi ini disampaikan oleh Mahkamah Agung Arab Saudi, seperti dilansir dari Gulf News pada Jumat, 7 Juni 2024.

Keputusan Berdasarkan Pengamatan Hilal

Keputusan ini diambil setelah pengamatan hilal yang dilaksanakan di berbagai lokasi di Arab Saudi pada tanggal 6 Juni 2024. Pengamatan hilal adalah metode tradisional yang digunakan untuk menentukan awal bulan dalam kalender Hijriah, yang sangat penting untuk penetapan tanggal-tanggal penting dalam Islam, termasuk Idul Adha dan hari Arafah.

Baca Juga: Arab Saudi Tetapkan Idul Adha 2024 Jatuh pada 16 Juni: Pengamatan Hilal Menjadi Penentu

Idul Adha: Hari Raya Kurban

Idul Adha, yang jatuh pada tanggal 10 Zulhijah dalam kalender Hijriah, adalah salah satu hari raya besar dalam Islam. Hari ini diperingati sebagai hari raya kurban, memperingati ketaatan Nabi Ibrahim (AS) kepada Allah SWT, yang bersedia mengorbankan putranya, Ismail (AS), sebelum Allah menggantinya dengan domba.

Pada hari Idul Adha, umat Islam di seluruh dunia melaksanakan salat Idul Adha dan melakukan penyembelihan hewan kurban seperti kambing, sapi, atau unta. Daging kurban kemudian dibagikan kepada keluarga, tetangga, dan mereka yang membutuhkan.

Wukuf di Arafah

Wukuf di Arafah, yang jatuh pada hari sebelum Idul Adha, merupakan rukun haji yang paling penting. Pada hari ini, para jemaah haji berkumpul di Padang Arafah untuk berdoa dan beribadah. Wukuf di Arafah adalah puncak dari rangkaian ibadah haji, dan tidak sah haji seseorang jika tidak melaksanakan wukuf di Arafah.

Halaman:

Editor: Maya Atika


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah