Sedekah dan Berbagai Manfaat Utamanya Bagi Umat Muslim

- 16 Mei 2024, 22:00 WIB
Ilustrasi sedekah.
Ilustrasi sedekah. /Freepik/

DEMAK BICARA - Sedekah adalah amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam, memiliki landasan kuat dan merupakan perbuatan yang dicintai oleh Allah SWT. Berikut ini lima keutamaan dan manfaat sedekah yang wajib diketahui.

Sedekah mencerminkan sikap kedermawanan dan kepedulian terhadap sesama, di mana umat Islam diharapkan untuk melaksanakannya tanpa mengharapkan imbalan atau balasan. Simak keutamaan dan manfaat sedekah menurut Alquran dan hadis pada ulasan ini.

Sedekah, dalam konteks Islam merujuk pada tindakan memberikan harta atau bantuan kepada orang yang membutuhkan. Hal ini mencakup pemberian zakat, infak, atau bantuan lainnya, dengan niat ikhlas untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ketahui keutamaan dan manfaat sedekah pada ulasan ini.

Baca Juga: Manfaat Surat Yasin: Pintu Kebaikan dan Keselamatan bagi yang Mengamalkannya

Penting untuk dicatat bahwa sedekah termasuk dalam lima rukun Islam yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan oleh setiap umat Islam yang memiliki kemampuan.

Manfaat keutamaan sedekah

Berikut ini lima keutamaan dan manfaat sedekah berdasarkan Alquran dan hadis:

1. Dibalas dengan pahala berlipat ganda

Balasan dari setiap sedekah adalah pahala yang berlipat ganda dan terus mengalir meski sang pemberi sedekah sudah meninggal dunia. Hal ini dosebut dengan amal jariyah.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda:
“Apabila anak cucu Adam itu mati, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga perkara: Shodaqoh jariyah, anak sholeh yang memohon ampunan untuknya (ibu dan bapaknya) dan ilmu yang bermanfaat setelahnya.”

Penjelasan mengenai balasan berlipat ganda dari sedekah terdapat juga pada firman Allah SWT:
“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahala) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al-Hadid: 18).

Halaman:

Editor: Ryadh Fadhillah Junianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah