Cara Mengoptimalkan Ibadah: Amalan Doa di 10 Hari Pertama Dzulhijjah Menurut Ustadzah Halimah Alaydrus

- 9 Juni 2024, 15:00 WIB
Cara Mengoptimalkan Ibadah: Amalan Doa di 10 Hari Pertama Dzulhijjah Menurut Ustadzah Halimah Alaydrus
Cara Mengoptimalkan Ibadah: Amalan Doa di 10 Hari Pertama Dzulhijjah Menurut Ustadzah Halimah Alaydrus /Instagram/@HalimahAlaydrus

DEMAK BICARA - Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang istimewa dalam kalender Islam. Sepuluh hari pertama bulan ini memiliki keutamaan yang sangat besar dan menjadi waktu yang sangat dianjurkan untuk memperbanyak ibadah. Ustadzah Halimah Alaydrus, seorang ulama terkemuka, memberikan panduan khusus mengenai amalan doa yang dapat dioptimalkan pada periode ini.

Keutamaan 10 Hari Pertama Dzulhijjah

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada hari-hari dimana amal shalih lebih dicintai oleh Allah selain dari sepuluh hari ini (10 hari pertama Dzulhijjah)…” (HR. Bukhari). Hal ini menunjukkan betapa pentingnya memanfaatkan sepuluh hari pertama Dzulhijjah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah.

Baca Juga: Amalan Doa di 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah Menghapus Dosa Tanpa Tersisa, Kajian Ustadzah Halimah Alaydrus

Amalan Doa dari Ustadzah Halimah Alaydrus

Ustadzah Halimah Alaydrus mengajarkan sebuah doa yang dianjurkan untuk dibaca pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Doa ini diyakini memiliki fadhillah yang besar, termasuk menghapus dosa-dosa yang telah lalu dan menjauhkan diri dari api neraka.

Bacaan Doa

Arab: اللَّهُمَّ إِنِّي أُقَدِّمُ إِلَيْكَ بَيْنَ يَدَيْ كُلِّ نَفَسٍ وَلَمْخَاتٍ وَطَرْفَةٍ يَطْرِفُ بِهَا أَهْلُ السَّمَاوَاتِ وَأَهْلُ الْأَرْضِ، وَكُلِّ شَيْءٍ هُوَ فِي عِلْمِكَ كَائِنٌ أَوْ قَدْ كَانَ، أُقَدِّمُ إِلَيْكَ بَيْنَ يَدَيْ ذَلِكَ كُلِّهِ.

Latin: ALLAHUMMA INNII UQODDIMU ILAIKA BAINA YADAI KULLA NAFASIN WALAMKHATIN WATHORFATIN YATHRIFU BIHAA AHLUS SAMAWAATI WA AHLUL ARDHI, WA KULLI SYAI-IN HUWA FII ‘ILMIKA KAA-INUN AUQOD KAANA, UQODDIMU ILAIKA BAINA YADAI DZALIKA KULLIH.

Artinya: "Ya Allah! Sesungguhnya aku persembahkan (amalanku ini) kepadaMu di hadapan setiap nafas, setiap kerlipan mata dan pandangan segala penduduk langit dan bumi, dan setiap sesuatu yang berada di dalam pengetahuanMu, yang akan berlaku atau pun yang telah berlaku. Aku persembahkan kepadaMu di hadapan yang demikian itu semuanya (agar ia menjadi saksi amalanku ini)."

Baca Juga: Ustadzah Halimah Alaydrus: Amalan Doa di 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Mengoptimalkan Ibadah di 10 Hari Pertama Dzulhijjah

Untuk memaksimalkan ibadah selama 10 hari pertama bulan Dzulhijjah, Ustadzah Halimah Alaydrus menyarankan beberapa langkah berikut:

  1. Niat yang Tulus: Mulailah setiap ibadah dengan niat yang ikhlas hanya untuk mencari ridha Allah SWT.

Halaman:

Editor: Maya Atika


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah