Mengelola dan Mengatasi Baby Blues Syndrome, Panduan untuk Ibu Baru

- 11 Juni 2024, 20:00 WIB
Ilustrasi - strategi yang dapat membantu mengelola dan mengatasi Baby Blues Syndrome.
Ilustrasi - strategi yang dapat membantu mengelola dan mengatasi Baby Blues Syndrome. /Pixabay/blankita_ua/

DEMAK BICARA - Setelah melahirkan, sebagian besar wanita mengalami perubahan emosional yang signifikan. Meskipun kelahiran seorang bayi seringkali diiringi oleh kebahagiaan yang luar biasa, tidak jarang juga terjadi gangguan suasana hati yang disebut sebagai Baby Blues Syndrome.

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang apa itu Baby Blues Syndrome, gejalanya, dan yang paling penting, bagaimana cara mengelolanya dan mengatasi tantangannya.

Apa Itu Baby Blues Syndrome ?

Baby Blues Syndrome adalah kondisi emosional yang umum terjadi pada ibu setelah melahirkan. Ini ditandai dengan perasaan sedih, cemas, mudah tersinggung, dan suasana hati yang labil. Biasanya, gejala ini muncul dalam beberapa hari setelah melahirkan dan dapat berlangsung selama satu hingga dua minggu. Baby Blues Syndrome sering dianggap sebagai respons alami terhadap perubahan hormon dan stres yang terkait dengan kehamilan, persalinan, dan peran baru sebagai ibu.

Baca Juga: Penyakit Jantung Iskemik: Penyebab, Gejala, dan Cara Pencegahannya

Baca Juga: Jangan Remehkan Infeksi Saluran Pernapasan Bawah!!! Ketahui Penyebab, Gejala, dan Pencegahan

Ilustrasi - Baby Blues Syndrome.
Ilustrasi - Baby Blues Syndrome.

Gejala Baby Blues Syndrome

Gejala Baby Blues Syndrome dapat bervariasi dari satu individu ke individu lainnya, tetapi beberapa gejala umum yang mungkin dialami oleh ibu yang mengalami kondisi ini antara lain:

1. Perasaan Sedih atau Murung : Ibu mungkin merasa sedih tanpa alasan yang jelas, atau merasa cemas tentang kemampuannya dalam merawat bayi.

2. Perubahan Suasana Hati yang Tiba-tiba : Suasana hati ibu dapat berubah secara mendadak dari senang menjadi sedih atau marah tanpa penyebab yang jelas.

Halaman:

Editor: Rika Rismayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah