Apakah Penderita Kolesterol Tinggi Boleh Makan Daging ?

- 19 Juni 2024, 10:18 WIB
Ilustrasi - daging merah yang menjadi salah satu sumber lemak jenuh.
Ilustrasi - daging merah yang menjadi salah satu sumber lemak jenuh. /Pixabay/

DEMAK BICARA - Penderita kolesterol tinggi seringkali dihadapkan pada tantangan besar dalam memilih jenis makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Salah satu makanan yang sering dipertanyakan adalah daging.

Banyak pertanyaan mengenai hal ini, apakah benar penderita kolesterol tinggi harus sepenuhnya menghindari daging ?. Pasalnya daging dikatakan sebagai penyebab kolesterol tinggi sehingga banyak orang yang menghindari mengkonsumsinya.

Pada kenyataannya daging memang salah satu bahan makanan yang mengandung lemak tinggi, namun penderita kolesterol tinggi ternyata masih bisa mengkonsumsinya, pastinya dengan catatan, mengetahui cara memilih jenis daging yang tepat dan kiat mengolah daging yang sehat.

Dalam artikel ini akan mengulas mengenai hubungan antara daging dan kolesterol, serta memberikan panduan praktis untuk memilih jenis daging yang tepat bagi mereka yang menghadapi masalah kolesterol tinggi.

Baca Juga: 10 Langkah Mudah untuk Menyimpan Daging dengan Benar

Baca Juga: 10 Bahan Alami Penurun Kolesterol, Jaga Kesehatan di Hari Raya Idul Adha

Apa Itu Kolesterol Tinggi ?

Kolesterol tinggi merujuk pada kondisi di mana terjadi peningkatan kadar kolesterol dalam darah, terutama kolesterol LDL (Low-Density Lipoprotein) yang dikenal sebagai "kolesterol jahat". Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan stroke. Oleh karena itu, pengelolaan kolesterol tinggi menjadi penting dalam menjaga kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular.

Daging dan Kolesterol : Mitos vs Fakta

Daging, terutama daging merah dan unggas, sering dianggap sebagai sumber utama lemak jenuh dan kolesterol, namun penting untuk memahami bahwa bukan daging itu sendiri yang menjadi masalah, melainkan jenis daging dan cara memasaknya.

1. Jenis Lemak dalam Daging : Daging merah kaya akan lemak jenuh, terutama jika memilih potongan dengan lemak marbling atau bagian yang berlemak. Lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL dalam darah. Namun, ada juga daging yang mengandung lebih sedikit lemak jenuh, seperti daging tanpa lemak atau potongan yang lebih mager.

Halaman:

Editor: Rika Rismayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub