Bikin Marah! Presiden FIFA Minta Pemain Fokus Tanding dan Tidak Pikirkan Pelanggaran HAM di Piala Dunia 2022

- 15 November 2022, 07:44 WIB
Bikin Marah! Presiden FIFA Minta Pemain Fokus Tanding dan Tidak Pikirkan Pelanggaran HAM di Piala Dunia 2022
Bikin Marah! Presiden FIFA Minta Pemain Fokus Tanding dan Tidak Pikirkan Pelanggaran HAM di Piala Dunia 2022 /REUTERS/Maynor Valenzuela/

DEMAK BICARA – Surat Gianni Infantino Presiden FIFA yang meminta para atlet Piala Dunia 2022 agar fokus sepak bola di tengah dugaan pelanggaran HAM kepada pekerja stadion di Qatar memicu kemarahan dari berbagai pihak.

Sejumlah media asing, seperti The Guardian, bahkan organisasi Amnesti Internasional melalorkan ada banyak pelanggaran HAM yang dirasakan pekerja imigran di Qatar yang bertugas menyiapkan Piala Dunia 2022.

Pelanggaran HAM itu antara lain berupa kehidupan kurang layak di Qatar, gaji yang terlambat diberikan, paspor yang ditahan agar pekerja sulit pulang ke asalnya, ancaman dari agen perekrut tenaga kerja kalau mereka akan dideportasi, hingga 6.500 pekerja dilaporkan tewas.

Baca Juga: Tiket Konser BLACKPINK di Jakarta Mulai Dijual Hari Ini, Intip Seat Plan dan Daftar Harganya!

Kontroversi terus muncul bahkan di saat pelaksanaan Piala Dunia 2022 Qatar tinggal seminggu lagi mulai, tepatnya 20 November 2022 mendatang.

Atas dugaan pelanggaran HAM terhadap para pekerja Piala Dunia 2022 Qatar, Gianni Infantino Presiden FIFA mengirimkan surat kepada 32 federasi sepak bola peserta laga tersebut.

Isinya, himbauan agar pemain tidak memikirkan isu politik yang terjadi pada Piala Dunia 2022 Qatar dan fokus bermain sepak bola.

Isi surat Gianni Infantino Presiden FIFA.

"Kami tahu sepak bola tidak hidup dalam ruang hampa dan kami sama-sama sadar bahwa ada banyak tantangan dan kesulitan yang bersifat politik di seluruh dunia," tulis Infantino.

Halaman:

Editor: Kusuma Nur


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x