Media Korea Selatan Soroti Lini Bertahan Timnas Indonesia saat Jumpa Vietnam: Shin Tae Yong Cerdas!

- 22 Januari 2024, 13:00 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong mendapat pujian dari media Korea Selatan mengenai strategi yang diterapkannya saat hadapi Vietnam.
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong mendapat pujian dari media Korea Selatan mengenai strategi yang diterapkannya saat hadapi Vietnam. /Dok. PSSI/

DEMAK BICARA – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong mendapatkan apresiasi dari media Korea Selatan setelah mampu mengandaskan Vietnam pada matchday kedua penyisihan Grup D Piala Asia 2023 di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Qatar, Jumat, 19 Januari 2024.

Pada laga tersebut, Vietnam diunggulkan menang atas Timnas Indonesia berkaca pada kekalahan pasukan Shin Tae Yong dari Irak 1-3 pada matchday pertama penyisihan Grup D Piala Asia 2023. Tak hanya itu, ranking FIFA dari kedua tim pun menjadi salah satu acuan.

Namun, Timnas Indonesia mampu menjawab keraguan tersebut dengan menumbangkan Vietnam melalui gol tunggal Asnawi Mangkualam dari titik penalti sekaligus menyingkirkan The Golden Star Warriors dari Piala Asia 2023. Strategi dari Shin Tae Yong pun mendapat sorotan.

Baca Juga: Peluang Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023, Begini Skenarionya

Media Korea Selatan, Best Eleven memberikan penilaian terhadap permainan Indonesia saat mengalahkan Vietnam di pertandingan tersebut. Menurut mereka, penerapan skema dan strategi dari Shin Tae Yong jadi kunci kemenangan Skuad Garuda.

Best Eleven menyebutkan bahwa Vietnam diperkirakan bakal memenangkan pertandingan mengingat mereka mampu menjaringkan dua gol ke gawang Jepang yang dianggap sebagai tim terbaik Asia. Namun, prediksi itu dapat dipatahkan oleh pola permainan Shin Tae Yong.

"Vietnam bukanlah yang terbaik di Asia, tetapi mereka secara obyektif lebih baik dari Indonesia. Terlebih Vietnam bisa mencetak dua gol melawan Jepang, yang mana dianggap tim terbaik di Asia. Namun, taktik cerdas Shin membuat perbedaan," tulis Best Eleven.

Skema pertahanan Timnas Indonesia

Pada laga kontra Vietnam, Shin Tae Yong menggunakan tiga bek tengah dan didukung oleh Asnawi Mangkualam serta Pratama Arhan sebagai bek sayap.

Komposisi tersebut dinilai mampu menghadirkan pertahanan solid dan serangan cepat yang berbahaya. Stabilitas antara menyerang dan bertahan dari Indonesia pun menuai pujian.

"Shin memakai skema tiga pemain bertahan yang terdiri dari tiga bek tengah yang diapit oleh Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam. Keduanya adalah pemain yang sudah dikenal di K-League untuk memaksimalkan sisi sayap Timnas Indonesia," tulis Best Eleven.

Halaman:

Editor: Ryadh Fadhillah Junianto

Sumber: Best Eleven


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x