Persib Bandung Miskin Taktik, Tagar Rene Out Menggema, Djajang Nurdjaman Ikut Terseret, Siap Kembali?

- 14 Januari 2022, 13:18 WIB
Persib Bandung Miskin Taktik, Tagar Rene Out Menggema, Djajang Nurjaman Ikut Terseret, Siap Kembali?
Persib Bandung Miskin Taktik, Tagar Rene Out Menggema, Djajang Nurjaman Ikut Terseret, Siap Kembali? /foto persib.co.id

DEMAK BICARA - Kekalahan Persib Bandung atas Bali United, membuat tagar Rene Out menggema di media sosial. Rene merupakan panggilan Robert Alberts, pelatih Maung Bandung saat ini.

Tagar Rene Out pun menjadi trending di media sosial. Bobotoh menilai ditangan Robert Alberts, Persib Bandung miskin taktik. Nama Djajang Nurdjaman pun ikut terseret, siap kembali latih Persib Bandung?

Memiliki skuad termahal di Liga 1, Persib Bandung digadang-gadang menjadi kandidat serius juara musim ini. Namun minimnya peluang saat melawan Bali United, membuat Bobotoh ragu. Tagar Rene Out pun menggema.

Baca Juga: Persebaya Datang, Persib Bandung Bersiap Turun Peringkat Lagi, Bobotoh Jangan Baper, Peluang Juara Masih Ada!

Persib Bandung mengalami kekalahan yang menyakitkan ditangan Bali United, pada pekan ke 19 Liga 1 musim ini, dalam laga yang digelar di Stadion I Gusti Ngurah Rai Denpasar Bali, Kamis, 13 Januari 2022 lalu.

Menurunkan hampir semua skuad terbaiknya, Persib Bandung tidak mampu berbuat banyak dihadapan Bali  United.

Serangan yang dibangun berkali-kali anak asuh Robert Alberts selalu gagal menemui sasaran. 

Sebaliknya, kiper Persib Bandung Teja Paku Alam, harus berkali-kali menyelamatkan gawangnya dari serangan Bali United.

Di menit 5, Teja Paku Alam melakukan penyelamatan gemilang dengan menghalau tembakan Eber Bessa. Bola liar hasil halauan kemudian bisa dijauhkan dari gawang. 

Teja Paku Alam kembali menjadi penyelamat Persib Bandung di menit 34 babak pertama.

Kali ini, dirinya mampu menggagalkan sepakan keras pemain Bali United Eber Bessa setelah mendapat sodoran dari Ilija Spasojevic. 

Namun, kegemilangan Teja Paku Alam harus berakhir takkala di menit ke 37, Stefano Lilipaly berhasil merobek gawang yang dijaganya.

Pemain kelahiran Belanda tersebut, berhasil membawa Bali United unggul 1-0 setelah tandukannya di dalam kotak penalti bersarang di gawang Teja.

Sebelumnya, umpan diberikan oleh Ricky Fajrin dari sisi kanan pertahanan Pangeran Biru. 

Gol yang dicetak Stefano Lilipaly tersebut terasa ironis, sebab sehari sebelumnya, nama gelandang serang Bali United ini ramai dibicarakan akan segera merapat ke Maung Bandung.

Namun hingga batas akhir pendaftaran pemain sekaligus deadline transfer paruh musim Liga 1, pada 12 Januari 2022, nama Stefano Lilipaly tak kunjung diumumkan oleh manajemen Persib Bandung sebagai pemain anyar mereka.

Keesokan harinya, justru Stefano Lilipaly yang menjadi mimpi buruk bagi Persib Bandung, dalam laga Liga 1 pekan ke-19, saat melawan Bali United.

Bali United mampu memanfaatkan lubang yang ditinggal di lini pertahanan Persib Bandung, takkala Achmad Jufriyanto dan Ardi Idrus harus absen karena hukuman akumulasi kartu kuning.

Kehadiran Victor Igbonefo dan Zalnando, sebagai pemain pengganti rupanya tak sebanding.

Bahkan Zalnando harus melakukan tackling keras kepada penggawa anyar Bali United, Privat Mbarga, di awal laga.

Ini kartu kuning kelima yang sudah dikantongi pemilik nomor punggung 27 Persib Bandung tersebut. 

Zanaldo pun dipastikan harus absen membela Persib Bandung pada pekan ke-20, karena hukuman akumulasi kartu kuning yang diterimanya.

Sementara, Marc Klok yang juga absen karena akumulasi kartu kuning, digantikan Dedi Kusnandar, berduet bersama Mohammed Rashid.

Namun rupanya duet keduanya belum mampu menghaslkan banyak kreasi.

Statistik laga Persib Bandung vs Bali United, menunjukkan Persib Bandung hanya bisa melepaskan 2 tendangan ke arah gawang dan 7 tendangan melenceng, dengan 3 sepak pojok.

Sedangkan Bali United, mampu melepaskan 7 tendangan ke arah gawang dan 5 tendangan melenceng atau shots off target. Serta 6 sepak pojok.

Tak hanya itu, dari segi penguasaaan bola, Persib Bandung tertinggal dari Bali United, dengan 48 persen dibandung 52 persen.

Dalam laga tersebut, Persib Bandung juga harus melakukan pelanggaran hingga 19 kali, yang kemudian diganjar dengan tiga kartu kuning untuk para pemainnya.

Kekalahan melawan Bali United pada pekan ke-19 Liga 1 musim ini, juga semakin menambah panjang daftar tak pernah menang Persib Bandung saat berhadap dengan tim berjuluk Serdadu Tridatu tersebut, sejak format Liga 1 digulirkan pada 2017 lalu.

Fakta-fakta tersebut yang kemudian membuat para Bobotoh, menilai Persib Bandung miskin taktik dalam menghadapi lawan-lawannya, yang puncaknya saat berhadap dengan Bali United.

Tagar Rene Out pun disuarakan para Bobotoh, yang tidak puas dengan kepelatihan Robert Alberts.

Hal tersebut disuarakan para Bobotoh di media sosial.

"Miris banget, squad mewah tapi minim taktik, long ball fc.......," tulis Bobotoh di media sosial.

"Persib Bandung berhasil memainkan pola tiki taka alias tikidul tikaler tijalikeuh tisereuleu tikoswad tijorolong tikamari kitu keneh maen.. sok teraskeun....," ungkap kekecewaan Bobotoh lainnya.

Ditengah tagar Rene Out, nama Djajang Nurdjaman (Djanur) ikut terseret, kok bisa?

Ya, Djajang Nurdjaman bukan sosok yang asing bagi Persib Bandung. Di nadinya seolah sudah terpatri nama Pangeran Biru.

 Djajang Nurdjaman merupakan mantan pelatih Persib Bandung dan juga mantan pemain sepak bola legendaris Indonesia yang terkenal pada dekade 1980-1990.

Djanur merupakan salah satu pelatih terbaik di Indonesia saat ini. Ia pernah juara sebagai pemain, asisten pelatih dan pelatih.

Sebagai pemain, Djanur mengantarkan Persib Bandung menjuarai Kompetisi Perserikatan 1986, 1989-1990 dan 1993-1994.

Sementara sebagai pelatih, dirinya pernah mengantarkan Persib Bandung juara Liga Indonesia 2014.

Nama Djajang Nurjaman, digadang-gadang bisa bergabung kembali dengan Persib Bandung, jika Rene Out benar-benar terjadi.

Apalagi saat ini Djajang Nurdjaman, dalam status non job, setelah mengundurkan diri dari kursi kepelatihan Barito Putera, pada Liga 1 musim ini.

Baca Juga: UPDATE KLASEMEN Liga 1 : Persib Bandung Turun Tahta, Arema FC Naik ke Puncak, Bhayangkara FC Membuntuti

Apakah benar-benar Djajang Nurdjaman akan kembali menukangi Persib Bandung? Tidak ada yang tahu, namun sebelumnya usai menyatakan mundur dari Barito Putera, dirinya mengaku belum ada rencana baru.

"Lihat nanti ke depannya seperti apa. Saat ini ingin istirahat dulu," kata Djanur.

Siap kembali ke Persib Bandung? ***

Editor: Maxcimilian Arcello


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah