Bukan Cuma Mata, Vitamin A Juga Bagus untuk Kesehatan Kulit? Cek Faktanya di Sini!

- 6 Maret 2024, 14:00 WIB
Ilustrasi kesehatan kulit.
Ilustrasi kesehatan kulit. /Freepik/

DEMAK BICARA - Vitamin A telah lama diakui sebagai nutrisi untuk kesehatan kulit yang optimal selain bermanfaat bagi kesehatan mata.

Selain dikenal sebagai nutrisi yang ampuh untuk penglihatan, vitamin A juga punya pengaruh besar terhadap kesehatan kulit.

Dalam artikel ini, akan dibahas bagaimana vitamin A memengaruhi kesehatan kulit dan mendukung proses perbaikan jaringan kulit.

Baca Juga: Kulit Kenyal dan Terhidrasi, Cek 10 Menu Sehat yang Membantu Perawatan Kulit

Vitamin A untuk kesehatan kulit

1. Stimulasi produksi kolagen

Vitamin A berperan penting dalam merangsang produksi kolagen, protein struktural utama yang memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit.

Kolagen membantu menjaga kepadatan kulit, mengurangi kerutan, dan memberikan tampilan kulit yang kenyal.

2. Pertumbuhan sel kulit

Vitamin A membantu mengatur pertumbuhan dan diferensiasi sel-sel kulit. Ini penting untuk menjaga siklus regenerasi kulit yang sehat, sehingga sel-sel kulit mati dapat digantikan dengan sel-sel kulit baru yang sehat.

3. Perlindungan dari radikal bebas

Sebagai antioksidan, vitamin A melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Paparan sinar UV, polusi, dan faktor lingkungan lainnya dapat menghasilkan radikal bebas yang merusak sel-sel kulit, dan vitamin A membantu melawan efek negatif ini.

4. Mengatasi masalah kulit

Vitamin A telah terbukti bermanfaat dalam mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Ini dapat membantu mengatur produksi minyak oleh kelenjar sebaceous dan mengurangi peradangan, memberikan dampak positif pada kondisi kulit yang rentan terhadap jerawat.

Halaman:

Editor: Ryadh Fadhillah Junianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah