Inilah 6 Stadion yang Disiapkan untuk Gelaran Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, Harus Ada Renovasi?

- 21 September 2022, 12:06 WIB
Inilah 6 Stadion yang Disiapkan untuk Gelaran Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, Harus Ada Renovasi?
Inilah 6 Stadion yang Disiapkan untuk Gelaran Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, Harus Ada Renovasi? /Twitter @love_gbk
 
DEMAK BICARA - Gelaran Piala Dunia U-20 di Indonesia akan berlangsung tahun depan, terkait hal itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali sudah memastikan enam stadion utama dan lapangan pendukung sebagai venue turnamen.
 
Piala Dunia U-20 di Indonesia akan digelar mulai 20 Mei hingga 11 Juni 2023, sebanyak enam stadion sudah disiapkan beserta dengan lapangan pendukung lainnya.
 
Stadion dan lapangan pendukung yang disiapkan untuk gelaran Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia tersebut terdapat di enam kota dan kini masih digunakan untuk pertandingan liga domestik.
 
 
Zainudin mengatakan renovasi minor dari stadion yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023 sudah dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selaku penanggung jawab infrastruktur.
 
"Tapi secara keseluruhan FIFA tidak masalah karena itu hanya perbaikan minor saja," kata Zainudin Amali dilansir dari Antara, Selasa 20 September 2022.
 
"Enam stadion utama dan lapangan pendukung latihannya sudah siap semua di enam kota," ujar Zainudin menambahkan.
 
Sebagai informasi, Piala Dunia U-20 seharusnya dilaksanakan pada tahun 2021, namun FIFA memutuskan menundanya karena situasi pandemi Covid-19 yang sedang melanda.
 
Sehingga stadion dan lapangan pendukung latihan yang ketika itu sudah siap sementara kembali digunakan untuk pertandingan oleh klub di Indonesia.
 
Meski begitu, Zainudin memastikan keenam stadion tersebut tetap pada pengawasan PUPR agar menjaga semuanya masih sesuai dengan standar FIFA.
 
FIFA juga rencananya akan datang ke Indonesia untuk kembali melakukan inspeksi persiapan Piala Dunia U-20 2023 pada bulan Oktober mendatang.
 
Zainudin juga berharap dukungan penuh dari masyarakat dan tidak meragukan perhelatan Piala Dunia U20 2023 Indonesia, apalagi FIFA sudah merilis logo resmi dan maskot turnamen tersebut di Jakarta.
 
Salah satu venue yang dikonfirmasi juga kesiapannya oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan adalah Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur.
 
"Masih enam stadion yang kami minta ke FIFA itu, keenam stadion tersebut termasuk Surabaya yang masih akan dipakai juga," ucap Iriawan.
 
 
Iriawan juga mengaku sudah berkomunikasi dengan Walikota Surabaya terkait penanganan sampah yang berada di sekitar Stadion GBT agar tidak mengganggu penyelenggaraan Piala Dunia U-20.
 
"Dan kami sudah mengobrol dengan Walikota Surabaya dan saya tanya bagaimana penanganan sampah sehingga Insya Allah bisa (digunakan)," kata Iriawan lebih lanjut.
 
Berikut ini enam stadion yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia:
 
1. Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.
2. Stadion Jakabaring, Palembang.
3. Stadion Si Jalak Harupat, Bandung.
4. Stadion Manahan, Solo.
5. Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.
6. Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.
 
Menurut rencana, Piala Dunia U-20 2023 Indonesia akan diselenggarakan pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang.
 
Selain Piala Dunia U20, pada tahun depan Indonesia juga telah mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah turnamen Piala Asia 2023.***

Editor: Kusuma Nur


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x