Kata Shin Tae Yong usai Timnas Indonesia Kalah dari Jepang di Piala Asia 2023

- 25 Januari 2024, 13:30 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong (kiri) buka suara usai timnya dikalahkan Jepang di matchday ketiga Grup D Piala Asia 2023.
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong (kiri) buka suara usai timnya dikalahkan Jepang di matchday ketiga Grup D Piala Asia 2023. /Dok. PSSI/

DEMAK BICARA – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong memberikan komentarnya usai tim asuhannya dikalahkan Jepang 3-1 pada matchday ketiga Grup D Piala Asia 2023 di Al Thumama Stadium, Qatar, Rabu, 24 Januari 2024.

Tiga gol Jepang dicetak oleh brace dari Ayase Ueda dan gol bunuh diri dari Justin Hubner. Kemudian gol semata wayang Timnas Indonesia dilesakkan Sandy Walsh pada injury time babak kedua. Atas hasil tersebut, Shin Tae Yong pun buka suara.

Dengan kemenangan tersebut, Jepang dipastikan lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 menyandang status runner-up Grup D. Sedangkan Timnas Indonesia berada di posisi ketiga. Pasukan Shin Tae Yong masih berpeluang melaju melalui skenario peringkat tiga terbaik.

Baca Juga: Hitung-hitungan Kans Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023 usai Laga Palestina dan Suriah

Meski mendapatkan kekalahan, Shin mengaku tetap bangga dengan para pemainnya. Bagaimana tidak, Indonesia terbilang salah satu tim terlemah pada Piala Asia edisi kali ini jika dilihat dari peringkat FIFA.

Mantan pelatih Korea Selatan tersebut menyebutkan, Indonesia mampu menyuguhkan penampilan yang baik sebagai tim termuda di Piala Asia 2023 dan sama sekali tak menunjukkan sebagai tim yang berperingkat 146 FIFA.

“Indonesia sekarang peringkat 146, tapi jika melihat realitas permainan, sebenarnya itu tidak sesuai dengan ranking FIFA kami sekarang,” kata Shin Tae Yong seusai pertandingan.

“Secara individu sebagai pelatih, turnamen besar seperti ini selalu memberikan saya perkembangan dan kesan tersendiri,” ucap Shin menambahkan.

“Saya melatih salah satu tim terlemah di Piala Asia 2023, jadi ini juga menjadi pengalaman tersendiri bagi saya,” tuturnya.

Shin juga mengungkapkan bahwa ke depannya, Indonesia akan lebih berkembang karena saat ini Skuad Garuda merupakan tim yang dihuni oleh para pemain muda.

Halaman:

Editor: Ryadh Fadhillah Junianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah