Sudah Naturalisasi dan Jadi WNI, 8 Pemain Ini Tak Pernah Perkuat Timnas Indonesia, Siapa Saja?

- 21 Maret 2024, 22:45 WIB
Herman Dzumafo (kanan) menjadi salah satu pemain naturalisasi yang belum pernah perkuat Timnas Indonesia.
Herman Dzumafo (kanan) menjadi salah satu pemain naturalisasi yang belum pernah perkuat Timnas Indonesia. /Instagram/@perselafc/

DEMAK BICARA - PSSI menjalankan program naturalisasi kepada pemain dengan ketentuan tertentu sebagai salah satu upaya meningkatkan level dan prestasi dari Timnas Indonesia.

Program naturalisasi yang dilakukan pun perlahan mulai membuahkan hasil. Timnas Indonesia arahan Shin Tae Yong untuk pertama kalinya mencetak sejarah lolos ke 16 besar Piala Asia 2023.

Skuad Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 tersebut dihuni oleh cukup banyak pemain naturalisasi yang berkualitas dan masih berusia muda.

Baca Juga: Misi Pribadi Ragnar Oratmangoen untuk Timnas Indonesia usai Sah Jadi WNI

Sebut saja nama-nama seperti Jordi Amat, Elkan Baggott, Shayne Pattynama, Sandy Walsh, Justin Hubner, Ivar Jenner, serta Rafael Struick sudah menghiasi line up Timnas Indonesia saat ini.

Belum lagi nama-nama lain yang baru saja selesai jalani proses naturalisasi seperti Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On, Jay Idzes, dan Ragnar Oratmangoen yang dipersiapkan untuk Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Namun, program naturalisasi yang dilakukan PSSI ini sebenarnya bukan hal baru. Tercatat pada 2010 sudah mulai dijalankan saat era Christian Gonzalez.

Dari puluhan pemain yang dinaturalisasi, terdapat juga beberapa yang bahkan tak pernah dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Setidaknya ada delapan pemain naturalisasi yang tidak mendapat panggilan untuk memperkuat Timnas Indonesia.

8 Pemain Naturalisasi yang Tak Pernah Dipanggil Timnas Indonesia

Berikut ini delapan pemain naturalisasi yang tak pernah dipanggil Timnas Indonesia

Halaman:

Editor: Ryadh Fadhillah Junianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x