Jelang Laga Indonesia vs Irak, Shin Tae Yong Sampaikan ‘Pesan’ kepada AFC dan Wasit di Piala Asia U23 2024

- 2 Mei 2024, 13:30 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong.
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong. /Dok. PSSI/

DEMAK BICARA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong meminta kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dan para wasit yang bertugas untuk mengedepankan sikap saling menghormati di antara semua tim peserta Piala Asia U23 2024 jelang laga Indonesia vs Irak untuk perebutan peringkat tiga.

Permintaan Shin Tae Yong ini datang setelah pertandingan semifinal Piala Asia U23 2024 yang kontroversial pada Senin, 29 April 2024 dimana Indonesia kalah 0-2 dari Uzbekistan yang akhirnya membuat Garuda Muda harus berhadapan denga Irak untuk perebutan peringkat tiga.

Pertandingan Uzbekistan kontra Indonesia di semifinal Piala Asia U23 2024 tersebut diwarnai oleh beberapa keputusan wasit yang kontroversial seperti pembatalan penalti dan tendangan bebas, gol yang dianulir, serta kartu merah bagi kapten Rizky Ridho.

Baca Juga: Wasit Kontroversial Sivakorn Pu Udom akan Bertugas di VAR Lagi pada Laga Indonesia vs Irak

Permintaan Shin Tae Yong untuk sikap saling menghormati dari AFC menekankan pentingnya fair play dan keadilan dalam kompetisi sepak bola, serta upaya untuk menjaga semangat sportivitas di antara tim-tim peserta Piala Asia U23 2024.

“Saya tidak memiliki niat untuk psywar ke AFC, termasuk memberi tekanan kepada mereka. Saya ingin mereka berkembang, dan semua pemain serta level permainan di AFC berkembang, itu yang saya harapkan,” kata Shin Tae Yong saat sesi konferensi pers Rabu, 1 Mei 2024.

Dalam keterangannya tersebut, pelatih asal Korea Selatan itu juga menyinggung kinerja wasit pada ajang ini dan meminta agar mereka bisa menghormati tim-tim peserta yang berlaga.

“Saya hanya ingin semua saling menghormati saja, pemain dan wasit harus saling menghormati, wasit juga harus menghormati pelatih, begitu juga sebaliknya. Jika itu terjadi, tak akan ada hal buruk yang terjadi dalam sebuah pertandingan,” tuturnya.

Rafael Struick bermain kembali

Kekalahan di semifinal dari Uzbekistan menjadikan Indonesia harus bersiap menghadapi Irak dalam pertandingan perebutan peringkat tiga Piala Asia U23 2024.

Untuk menguatkan timnya, Shin Tae Yong dapat memainkan kembali penyerang andalannya, Rafael Struick yang sebelumnya absen di semifinal karena akumulasi kartu kuning.

Halaman:

Editor: Ryadh Fadhillah Junianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah