Terbaru Sanksi Doping Indonesia Segera Dicabut WADA, Merah Putih Bisa Berkibar Kembali di Ajang Internasional

- 18 Januari 2022, 10:40 WIB
Terbaru Sanksi Doping Indonesia Segera Dicabut WADA, Merah Putih Bisa Berkibar Kembali di Ajang Internasional
Terbaru Sanksi Doping Indonesia Segera Dicabut WADA, Merah Putih Bisa Berkibar Kembali di Ajang Internasional /tangkap layar web kemenpora.co.id



DEMAK BICARA - Setelah sekian lama mendapatkan sanksi Badan Anti Doping Dunia (WADA), kabar terbaru Indonesia sudah dapat mengibarkan  Merah Putih di ajang Internasional, Sanksi WADA dicabut.

Serasa lega untuk bangsa Indonesia pasalnya Sanksi WADA untuk Indonesia dicabut sehingga bendera merah putih bisa berkibar lagi di semua ajang olahraga pada awal Februari 2022.

Kabar bahagia ini disampaikan berdasarkan laporan gugus tugas kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali.

Baca Juga: Sanksi WADA Masih Berjalan Untuk Indonesia, Piala Asia Putri 2020 Merah Putih Dilarang Berkibar

“Atas semua yang kita risaukan tentang pengibaran bendera dan lain-lain dan halangan lain, dari konfirmasi Ketua Tim Satgas, awal Februari bendera merah putih bisa berkibar,” ucap Menpora Zainudin Amali dalam konferensi pers virtual, Senin (17/1/2022)

“Kalau memang ini benar, ini maju lebih cepat karena surat itu sampai Oktober 2022,” lanjutnya.

Menurutnya sanksi WADA itu pun berdurasi satu tahun terhitung sejak Oktober 2021 hingga Oktober 2022.

Pemerintah melalui Menpora membentuk gugus tugas percepatan masalah sanksi WADA ini yang dipimpin langsung oleh Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari beserta tim telah bekerja keras untuk mempercepat sanksi WADA itu termasuk menginvestigasinya.

Hal itu pun dilihat sebagai bentuk keseriusan Indonesia keluar dari sanksi oleh pihak Badan Anti Doping Dunia (WADA).

WADA pun mengapresiasi kinerja tersebut dan percaya bahwa Indonesia akan patuh ke depannya.

Apresiasi itu diberikan WADA berupa dicabutnya sanksi lebih cepat dari waktu yang ditentukan sebelumnya yakni di bulan Februari 2022 mendatang rencananya.

“Jadi per Kamis kemarin, kami menerima informasi langsung dari Dirjen WADA, kemudian dilanjutkan surat resmi dari WADA hari Jumat. Mengenai isu-isu mengenai sanksi Indonesia semuanya progresif makin baik, dan mereka apresiasi,” ucap Okto di waktu yang sama.

Baca Juga: Legiun Asing Arema FC Diduga Covid 19, Manajemen Ungkapkan Hasil Tes, Hingga Hasil Imbang Vs PSIS Semarang

“Mereka menyatakan per awal Februari akan dicabut. Tapi yang disampaikan WADA bukan membuat lebih santai, apa saja yang belum selesai kita selesaikan sehingga Ladi ke depan menjadi lembaga independen dan lebih baik lagi,” tuturnya dikutib dari Instagram @garudatimnasina.

Dengan adanya kabar menggembirakan sanksi WADA akan segera dicabut, Indonesia bakal dapat mengibarkan bendera Merah Putih pada ajang olahraga Internasional pada bulan Februari 2022 mendatang. ***

Editor: Kusuma Nur


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah