Penyintas Kusta Bicara Blak-Blakan Stigmatisasi Masih Ada, Ganjar Pranowo Minta Pandangan Itu Segera Dihapus

- 31 Januari 2022, 12:25 WIB
Penyintas Kusta Bicara Blak-Blakan Stigmatisasi Masih Ada, Ganjar Pranowo Minta Pandangan Itu Segera Dihapus
Penyintas Kusta Bicara Blak-Blakan Stigmatisasi Masih Ada, Ganjar Pranowo Minta Pandangan Itu Segera Dihapus /Dok Humas Pemprov Jateng/

DEMAK BICARA - Penyintas Kusta Bicara Blak-Blakan Stigmatisasi Masih Ada, Ganjar Pranowo Minta Pandangan Itu Segera Dihapus.

Harus diakui jika pandangan miring terhadap penyitas kusta masih ada, termasuk di Jateng. Hal tersebut disampaikan penyitas kusta saat bertemu Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Ganjar Pranowo pun mengakui jika stigmatisasi dan diskriminasi terhadap penyintas kusta masih menjadi salah satu kendala dalam penanggulangan kusta.

Baca Juga: Persib Bandung, Hari Ini, Kembali Gelar Tes PCR Bagi 9 Pemain Terkonfirmasi Positif Covid-19, Tunggu Hasilnya

Salah seorang penyitas kusta, Firmansyah bicara blak-blakan terkait stigmatisasi terhadap penyintas kusta.

Dirinya menandaskan jika hal tersebut memang masih ada, bahkan ia sendiri pernah mengalami.

Mulai dari keluarga hingga masyarakat yang tidak mau mendekat karena takut ketularan. Stigmatisasi itu juga membuat penyintas merasa tambah sakit.

"Saya sendiri pernah merasakan minder, orang tidak mau mendekat karena takut tertular. Padahal penularan penyakit ini sendiri butuh waktu yang lama, inkubasinya bisa lima tahun. Jadi saya berharap stigma diskriminasi terhadap penyintas kusta bisa dihapuskan," ujar Firmansyah saat berbincang dengan Ganjar Pranowo, Senin 31 Januari 2022.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan untuk menghapus stigmatisasi tersebut diperlukan peran dari seluruh sektor.

Halaman:

Editor: Maxcimilian Arcello


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah