Pastikan Penggunnaan VAR untuk Kompetisi Liga 1, Ketum PSSI Tekankan Pelatihan Terus Berlangsung

- 10 Oktober 2023, 14:55 WIB
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir terus dorong pelatihan VAR agar dapat digunakan di Liga 1 mulai Februari 2024 mendatang.
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir terus dorong pelatihan VAR agar dapat digunakan di Liga 1 mulai Februari 2024 mendatang. /Dok. PSSI

DEMAK BICARA- Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, terus mematangkan persiapan penggunaan video asisten wasit atau VAR untuk kompetisi Liga 1.

Erick mengungkapkan bahwa pelatihan VAR dari PSSI untuk Liga 1 telah mencapai tahap pertama, dan pelatihan tersebut akan terus berlanjut hingga fase ketiga pada bulan Desember 2023 mendatang.

Selain itu, Ketum PSSI tersebut juga menyatakan bahwa merek dan sistem VAR yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-17 2023 sama dengan yang rencananya bakal digunakan dalam Liga 1 pada bulan Februari 2024.

Baca Juga: Hasil Drawing Pemain Bulutangkis Indonesia di Arctic Open 2023, Perang Saudara di Ganda Putra

"Nah untuk Piala Dunia U-17 kita ambil lagi untuk training fase kedua," kata Erick Thohir dilansir dari laman resmi PSSI, Selasa, 10 Oktober 2023.

"Insya Allah di Desember, pelatihan fase ketiga, ini sudah bisa kita dorong untuk kita tuntaskan dan ketika Februari nanti VAR benar-benar ada," ujarnya menambahkan.

Pria yang juga pernah menjadi presiden Inter Milan itu menekankan bahwa penggunaan VAR merupakan langkah terobosan dalam upaya menjadikan sepakbola Indonesia lebih profesional, bersih, dan transparan.

Selanjutnya, penempatan VAR pada pertandingan Liga 1 nantinya akan ditangani oleh PT Liga Indonesia Baru.

PSSI juga telah berdiskusi dengan komdis melalui komite wasit serta PT Liga untuk mengambil tindakan terhadap oknum wasit yang melakukan pelanggaran.

Halaman:

Editor: Ryadh Fadhillah Junianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x