Veda Ega Pratama Naik Kelas ke Balapan Eropa Red Bull Rookies Cup 2024, Makin Dekat ke MotoGP

- 20 Desember 2023, 18:36 WIB
Pembalap Indonesia, Veda Ega Pratama di Asia Talent Cup 2023 Putaran 4 Sirkuit Buriram, Thailand.
Pembalap Indonesia, Veda Ega Pratama di Asia Talent Cup 2023 Putaran 4 Sirkuit Buriram, Thailand. /Instagram/@astrahondaracingteam.

DEMAK BICARA - Pembalap muda bertalenta Indonesia, Veda Ega Pratama akan mengikuti kejuaraan balapan Eropa bertajuk Red Bull Rookies Cup pada musim 2024 setelah menorehkan prestasi gemilang di ajang Asia Talent Cup (ATC) 2023.

Veda Ega Pratama mampu membuktikan diri menjadi yang terbaik di kelas Asia dengan menjuarai ATC 2023 dan peringkat ketiga di Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023 kelas Asia Production 250 (AP250) untuk kemudian berlaga di level Eropa pada Red Bull Rookies Cup 2024.

Veda Ega Pratama akan mengikuti Red Bull Rookies Cup 2024 bersama pembalap asal Thailand, Jakkreephat Phuettisan sebagai pembalap pilihan dari Dorna Sports.

Baca Juga: Kasus Match Fixing dan Rumah Judi Terbongkar: PSS Sleman Terancam Degradasi, Persikabo 1973 Pengurangan Poin

Dengan ikut sertanya Veda di balapan Eropa tersebut, akan semakin mendekatkan dirinya ke ajang MotoGP sebagai kejuaraan balap motor paling bergengsi di dunia.

“Pembalap Indonesia dan Thailand akan mengambil langkah selanjutnya di jalan menuju MotoGP sebagai pembalap pilihan Dorna di Rookies, yaitu Veda Pratama dan Jakkreephat Phuettisan. Mereka akan berlaga di Red Bull MotoGP Rookies Cup musim depan,” tulis laman resmi ATC dilansir Selasa, 19 Desember 2023.

Di ATC 2023, Veda menjadi pembalap Indonesia pertama yang memenangkan kejuaraan balap tersebut dengan catatan rekor yang fantastis.

Pembalap milik Astra Honda Road Racing Team (AHRT) itu juara dengan jumlah kemenangan terbanyak yaitu sembilan kemenangan dan raihan poin terbanyak sebanyak 256 poin, bahkan mengungguli runner up Moto3 musim ini, Ayumu Sasaki pada ATC 2015.

Sementara di ajang ARRC 2023 kelas AP250, pembalap asal Wonosari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tersebut mengakhiri kompetisi di peringkat ketiga dengan torehan 160 poin.

“Musim lalu, Pratama membuat dampak yang signifikan di tahun rookie-nya di ATC dan meskipun mengalami beberapa cedera, ia memenangkan sejumlah balapan untuk mengakhiri musim dengan momentum yang serius,” tulis pernyataan laman resmi ATC.

Halaman:

Editor: Ryadh Fadhillah Junianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x