Setelah Piala Asia 2023, Shayne Pattynama Langsung dapat Klub Baru, KAS Eupen dari Belgian Pro League

- 3 Februari 2024, 21:30 WIB
Shayne Pattynama resmi memperkuat mantan klub Jordi Amat, KAS Eupen.
Shayne Pattynama resmi memperkuat mantan klub Jordi Amat, KAS Eupen. /Instagram/@kaseupenofficial/

DEMAK BICARA - Setelah memperkuat Timnas Indonesia di ajang Piala Asia 2023, Shayne Pattynama langsung diperkenalkan oleh klub dari Belgian Pro League, KAS Eupen sebagai rekrutan terbarunya.

Shayne Pattynama bergabung ke KAS Eupen dengan status free transfer dari klub sebelumnya, Viking FK. Lantas seperti apa profil dari klub baru bek Timnas Indonesia ini?

Resmi berseragam KAS Eupen, Shayne Pattynama pun diikat kontrak berdurasi 2,5 musim.

Sejarah panjang KAS Eupen di sepakbola Belgia dimulai sejak didirikan pada 9 Juli 1945, sebulan sebelum Indonesia merdeka.

Baca Juga: Preview dan Prediksi Everton vs Tottenham Hotspur di Pekan ke-23 Liga Inggris 2023-2024

Meskipun belum meraih prestasi menonjol di level tertinggi, KAS Eupen berhasil memenangkan gelar juara di kasta ketiga Liga Belgia pada musim 1969/1970, 1975/1976, dan 2001/2002.

Pada musim 2022/2023, KAS Eupen nyaris terdegradasi dari Belgian Pro League, tetapi berhasil bertahan dengan keunggulan satu poin dari zona degradasi, menempati posisi ke-15 dengan 28 poin dari 34 pertandingan.

Dimiliki investor dari Qatar

Keterpurukan secara finansial terjadi pada tahun 2012 ketika KAS Eupen terlilit utang sebesar 4 juta Euro.

Beruntung, investasi besar datang dari Qatar, yang memiliki keterkaitan dengan pemilik PSG. Kejadian ini sangat menarik karena saat itu KAS Eupen masih bermain di kasta kedus Liga Belgia.

Dengan dukungan finansial, tim yang juga pernah diperkuat oleh Jordi Amat ini mulai membangun stabilitas dan merintis langkah menuju kasta tertinggi.

Halaman:

Editor: Ryadh Fadhillah Junianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x