Shin Tae-yong: Indonesia Muda Siap Berlaga di Olimpiade Paris 2024

- 28 April 2024, 19:21 WIB
Shin Tae-yong: Indonesia Muda Siap Berlaga di Olimpiade Paris 2024
Shin Tae-yong: Indonesia Muda Siap Berlaga di Olimpiade Paris 2024 /(PSSI)/

DEMAK BICARA - Pelatih tim nasional Indonesia U-23, Shin Tae-yong, menyuarakan keyakinannya dalam membawa Garuda Muda ke panggung Olimpiade Paris 2024. Sebelum menjelang pertandingan semifinal Piala Asia U-23 2024 melawan Uzbekistan pada Senin (29/4), Shin Tae-yong mengungkapkan harapannya untuk melihat Indonesia bersaing di Olimpiade, sebuah panggung yang telah lama dinanti.

Menurut Shin Tae Yong, tiket ke Olimpiade bisa direbut oleh timnas Indonesia dengan menyelesaikan Piala Asia U-23 di posisi tiga besar, atau memenangi pertandingan playoff antar konfederasi melawan Guinea yang dijadwalkan pada awal Mei mendatang.

"Saya minta maaf karena sebenarnya saya tidak tahu mengenai partisipasi (timnas sepak bola) Indonesia di Olimpiade sebelumnya. Dan saya dengar terakhir kali bermain di Olimpiade adalah di Melbourne, 68 tahun yang lalu. Bagaimanapun, kali ini adalah saatnya bagi Indonesia untuk berpartisipasi di panggung Olimpiade," kata Shin pada konferensi pers sebelum pertandingan semifinal.

Baca Juga: Shin Tae Yong Soal Olimpiade Jelang Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U23 2024: Ini Saatnya!

Baca Juga: Piala Asia U-23 2024, Menang Dari Arab Saudi, Uzbekistan Jumpa Indonesia di Semifinal Besok Senin

Shin menegaskan bahwa dia tidak merasa tertekan, tetapi menikmati setiap momen bersama para pemain. Dia dengan tegas menyatakan bahwa saat ini adalah waktunya bagi Indonesia untuk bersinar di panggung Olimpiade.

Mengenai lawan Indonesia di semifinal, yaitu Uzbekistan, Shin telah mempelajari pertandingan tim Asia Tengah itu saat mereka mengalahkan Arab Saudi 2-0. Shin mengidentifikasi salah satu kekuatan utama Uzbekistan, yaitu transisi cepat mereka dari bertahan ke menyerang.

"Saya menyadari mengapa mereka bisa mencetak 12 gol dan tidak kemasukan gol sama sekali. Itu adalah hal krusial. Alasan utama adalah transisi mereka sangat cepat, dari menyerang ke bertahan dan dari bertahan ke menyerang. Mungkin itu faktor yang membuat Uzbekistan menjadi salah satu tim terkuat di kompetisi ini," tutur Shin.

Shin juga membagikan pengalamannya sebelumnya saat melatih timnas Indonesia U-20 yang berhadapan dengan Uzbekistan pada Piala Asia U-20 2023. Meskipun bermain imbang tanpa gol, Uzbekistan yang menjadi tuan rumah melaju ke fase gugur, sedangkan Indonesia tersingkir. Meski demikian, Shin yakin dapat mempersiapkan timnya dengan baik untuk menghadapi Uzbekistan kali ini.

Halaman:

Editor: Maya Atika


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x