Dewa Kipas vs GM Irene Sukandar: Ini 7 Rekor Catur Paling Menakjubkan di Dunia‎

- 20 Maret 2021, 08:48 WIB
Ilustrasi: Tim catur putri Indonesia masuk semi final catur daring Piala Asia.
Ilustrasi: Tim catur putri Indonesia masuk semi final catur daring Piala Asia. /

 

DEMAK BICARA- Grand Master Irene Sukandar dipastikan akan bertanding melawan Dadang Subur atau Dewa Kipas. Pertandingan persahabatan ini diperkirakan akan menyita perhatian masyarakat Indonesia, terutama netizen.

Pertandingan ini sendiri berawal dari polemik soal Dewa Kipas yang diblokir akunnya oleh situs catur online profesional chess.com, karena dianggap bermain curang. Polemik semakin panas ketika Irene Sukandar, pecatur profesional Indonesia, turut memberi komentar. Puncaknya, tercapai kesepakatan untuk mempertemukan Dewa Kipas dan Iren di satu bidak catur.

Keduanya akan melakoni pertandingan persahabatan. Rencananya, pertarungan keduanya akan disiarkan secara live melalui podcast Dedy Corbuzier pada Senin, 22 Maret 2021) pukul 15.00 WIB.
Dalam sejarah dunia catur, ada beberapa pertandingan sangat epik, tidak terlupakan, dan menorehkan rekor sejarah. Berikut tujuh rekor catur paling menakjubkan yang pernah ditorehkan dalam sejarah, sebagaimana dilansirs dari Chess.com pada 23 Desember 2017:

1. Peraih Grandmaster Termuda di Dunia: 12 Tahun, 7 Bulan


Sergey Karjakin satu-satunya pecatur yang mendapatkan gelar grandmaster pada usia 12 tahun. Rekor ini ia raih tepat saat ulang tahun ke-12 dengan mengalahkan Vasily Ivanchuk di kejuaraan dunia FIDE. Rekor ini masih dipegang Karjakin hingga saat ini.
Untuk meraih Grandmaster (GM), seorang pecatur harus meraih elo rating 2500 ke atas. Di Indonesia, hingga tahun 2019 jumlah Grandmaster tidak sampai 10 orang.

2. Juara Dunia Terlama: 27 Tahun

Emanuel Lasker menjadi juara dunia kedua setelah mengalahkan Wilhelm Steinitz sejak tahun 1894 hingga 1921. Ini rekor juara dunia terlama dalam sejarah catur dunia. Sebagian kalangan menilai rekor itu diuntungkan dengan adanya Perang Dunia I. Dimana beberapa pertandingan ditunda. Namun, kalaupun era perang itu tidak dihitung, rekor Lasker sebagai juara dunia terlama tetap tak terkalahkan hingga sekarang.

Baca Juga: 9 Tokoh Dunia Ini Suka Bermain Catur: Dari Politisi, Ilmuwan Hingga Filsuf

Halaman:

Editor: Muhammad J.H

Sumber: Chess.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah