FIFA Tunjuk Arab Saudi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034, Indonesia dan Australia Batal

- 2 November 2023, 08:27 WIB
Presiden FIFA resmi tunjuk Arab Saudi jadi tuan rumah Piala Dunia 2034.
Presiden FIFA resmi tunjuk Arab Saudi jadi tuan rumah Piala Dunia 2034. /Saudi Press Agency/Reuters

DEMAK BICARA - Presiden FIFA, Gianni Infantino mengumumkan pada Selasa, 31 Oktober 2023 melalui akun Instagramnya bahwa Arab Saudi telah dipilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034.

Arab Saudi menjadi satu-satunya kandidat penyelenggara Piala Dunia 2034 setelah Australia membatalkan pencalonannya sebagai tuan rumah.

Sebelum umumkan Arab Saudi, FIFA membuka kesempatan bagi wilayah Asia dan Oseania untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034, setelah menunjuk Maroko, Spanyol, dan Portugal sebagai tuan rumah bersama untuk tahun 2030.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan Hylo Open 2023 Hari Ini 16 Besar : Rehan/Lisa dan Apri/Fadia Main Jam Berapa ?

"Pertunjukan terbesar di bumi (Piala Dunia) akan diselenggarakan di Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat pada 2026 di Amerika Utara," tulis Gianni di akun Instagramnya.

"Dua edisi FIFA World Cup berikutnya akan diselenggarakan di Afrika (Maroko) dan Eropa (Portugal dan Spanyol) dengan tiga pertandingan perayaan dimainkan di Amerika Selatan (Argentina, Paraguay dan Uruguay) pada 2030 dan Asia (Arab Saudi) pada tahun 2034," tulis Gianni lebih lanjut.

"Proses penawaran (tuan rumah) disetujui melalui konsensus oleh Dewan FIFA di mana keenam konfederasi diwakili setelah dialog konstruktif dan konsultasi ekstensif," tulis Gianni.

"Terima kasih kepada semua orang yang telah berpartisipasi dalam pertukaran positif ini," lanjutnya.

Indonesia sempat pertimbangkan jadi tuan rumah Piala Dunia 2034

Indonesia juga mempertimbangkan kemungkinan pencalonan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034, baik secara mandiri atau bersama dengan Australia dan Arab Saudi.

Halaman:

Editor: Ryadh Fadhillah Junianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x