Pandangan Pengamat untuk Timnas Indonesia agar Bisa Kalahkan Irak di Piala Asia U23 2024

- 2 Mei 2024, 14:30 WIB
Timnas Indonesia U23.
Timnas Indonesia U23. /Dok. PSSI/

DEMAK BICARA – Pengamat sepak bola, Mohammad Kusnaeni menyoroti perlunya Timnas Indonesia untuk memperhatikan dan memperbaiki pertahanan jelang pertandingan melawan Irak dalam perebutan posisi tiga Piala Asia U-23 2024

Menurutnya, meskipun Timnas Indonesia telah melampaui ekspektasi dengan mencapai posisi empat besar sebagai debutan dalam ajang Piala Asia U23 2024, tantangan terbesar sekarang adalah mengalahkan Irak untuk mendapatkan tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Kusnaeni menegaskan bahwa peluang Timnas Indonesia untuk memenangkan pertandingan melawan Irak di Piala Asia U23 2024 dan meraih tiket Olimpiade cukup terbuka, mengingat Irak secara teknis dianggap tidak sekuat Uzbekistan.

Baca Juga: Link Live Streaming Indonesia vs Irak Perebutan Peringkat Ketiga Piala Asia U23 2024

Pria yang juga akrab disapa ‘Bung Kus’ itu mencatat bahwa permainan Irak terlihat kurang terorganisir dan tidak superior di lapangan tengah, yang dibuktikan dengan kekalahan mereka oleh Thailand di fase grup.

“Soal permainan, Uzbekistan sekelas di atas kita. Lebih rapi kerja samanya, lebih disiplin, dan sangat seimbang saat menyerang maupun bertahan. Irak tidak seperti itu,” kata Kusnaeni dilansir dari Antara, Kamis, 2 Mei 2024.

Untuk menghadapi Irak, Kusnaeni menekankan pentingnya memperkuat lini pertahanan, terutama setelah absennya Rizky Ridho karena mendapat kartu merah dalam pertandingan melawan Uzbekistan. Selain itu, dia juga menyoroti perlunya meningkatkan efektivitas dalam penyelesaian akhir.

“Untuk mengalahkan Irak, Garuda Muda perlu membenahi pertahanan karena nanti Rizky Ridho tidak bisa main,” ujarnya.

“Bisa dengan menggeser Nathan atau pasang trio bek Ferarri-Justin-Komang. Saya lebih condong Nathan tetap di tengah. Kita perlu kuat dan menguasai lini tengah saat menghadapi Irak agar aliran serangan lebih baik,” tuturnya lebih lanjut.

Rafael Struick bisa tampil

Kusnaeni juga berharap agar penyerang Garuda Muda, Rafael Struick dapat menampilkan performa tajamnya seperti saat melawan Korea Selatan.

Halaman:

Editor: Ryadh Fadhillah Junianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah