Timnas Indonesia Resmi Sampaikan Protes ke AFC Terkait Gol Kedua Irak yang Kontroversial

- 16 Januari 2024, 13:00 WIB
Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan dikawal pemain Irak pada laga Grup D Piala Asia 2023 di Ahmad bin Ali Stadium, Senin, 15 Januari 2024. Indonesia resmi layangkan protes ke AFC terkait gol kontroversial Irak.
Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan dikawal pemain Irak pada laga Grup D Piala Asia 2023 di Ahmad bin Ali Stadium, Senin, 15 Januari 2024. Indonesia resmi layangkan protes ke AFC terkait gol kontroversial Irak. /Dok. PSSI//

DEMAK BICARA - Timnas Indonesia melalui Manajer Endri Erawan resmi melayangkan protes kepada Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) terkait dengan disahkannya gol kedua Irak oleh wasit pada pertandingan Grup D Piala Asia 2023 di Ahmad Bin Ali Stadium, Senin.

Endri menyebutkan Timnas Indonesia sangat kecewa dan merasa dirugikan dengan keputusan wasit Tantashev Ilgiz di laga Grup D Piala Asia 2023 itu dan meloloskan gol kedua Irak yang kontroversial meski sudah ditinjau melalui rekaman VAR.

Pada laga tersebut, sebelum Osama Rashid mencetak gol kedua ke gawang Timnas Indonesia, ada pemain Irak lain yang dianggap sudah berada dalam posisi offside. Namun wasit tetap pada keputusannya untuk mengesahkan gol kontroversial di pertandingan Grup D Piala Asia 2023 itu.

Baca Juga: Jadwal India Open 2024 Hari ini, Gregoria Mariska Tunjung vs Sung Shuo Yun Match 1

"Setelah pertandingan, kami resmi protes keras kepada AFC terkait disahkannya gol kedua Irak," kata Endri usai pertandingan.

"Kami sudah resmi melayangkan formulir protes dan diserahkan langsung ke match commissioner seusai pertandingan," ujar Endri menambahkan.

Surat protes yang dilayangkan kepada AFC memang tidak akan mengubah hasil pertandingan. Namun dengan adanya sikap tegas dari Indonesia, Endri berharap kedepannya perangkat pertandingan bisa lebih cermat dalam memimpin laga.

Ia juga menyebutkan, setiap keputusan yang diambil oleh wasit pada beberapa pertandingan selanjutnya bisa lebih baik dan teliti.

"Setidaknya untuk pertandingan-pertandingan selanjutnya perangkat pertandingan bisa lebih baik lagi dalam mengambil keputusan," ucapnya.

Indonesia kalah 1-3 dari Irak

Dalam pertandingan tersebut, Indonesia harus takluk dari Irak dengan skor 1-3 pada laga yang berlangsung di Ahmad Bin Ali Stadium, Senin, 15 Januari 2024 malam waktu Qatar.

Halaman:

Editor: Ryadh Fadhillah Junianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x