Gol Kedua Irak Terindikasi Offside, Timnas Indonesia Resmi Ajukan Protes ke AFC

- 16 Januari 2024, 19:05 WIB
Striker Timnas Indonesia, Rafael Struick (nomor 11) dikepung para pemain Irak dalam laga Grup D Piala Asia 2023 di Qatar, Senin, 15 Januari 2024.
Striker Timnas Indonesia, Rafael Struick (nomor 11) dikepung para pemain Irak dalam laga Grup D Piala Asia 2023 di Qatar, Senin, 15 Januari 2024. /Dok. PSSI//

DEMAK BICARA - Timnas Indonesia resmi melayangkan protes kepada Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) terkait keputusan kontroversial wasit meloloskan gol kedua Irak pada pertandingan Grup D Piala Asia 2023 di Ahmad Bin Ali Stadium, Senin, 15 Januari 2024.

Manajer Timnas Indonesia, Endri Erawan mengaku pihaknya sangat kecewa dan merasa dirugikan dengan keputusan wasit Tantashev Ilgiz di laga Grup D Piala Asia 2023 itu karena mengesahkan gol kedua Irak yang terindikasi offside terlebih dahulu meski sudah ditinjau melalui rekaman VAR.

Pada laga tersebut, sebelum Osama Rashid mencetak gol kedua ke gawang Timnas Indonesia, ada pemain Irak lain yang dianggap sudah berada dalam posisi offside. Namun wasit tetap pada keputusannya untuk meloloskan gol syarat kontroversial itu.

Baca Juga: UPDATE Hasil Drawing India Open 2024, Ganda Putra Kembali Menghadapi Lawan Berat

"Setelah pertandingan, kami resmi protes keras kepada AFC terkait disahkannya gol kedua Irak," kata Endri usai pertandingan.

"Kami sudah resmi melayangkan formulir protes dan diserahkan langsung ke match commissioner seusai pertandingan," ujar Endri menambahkan.

Surat protes yang dilayangkan kepada AFC memang tidak akan mengubah hasil pertandingan. Namun dengan adanya sikap tegas dari Indonesia, Endri berharap kedepannya perangkat pertandingan bisa lebih cermat dalam memimpin laga.

Ia juga menyebutkan, setiap keputusan yang diambil oleh wasit pada beberapa pertandingan selanjutnya bisa lebih baik dan teliti.

"Setidaknya untuk pertandingan-pertandingan selanjutnya perangkat pertandingan bisa lebih baik lagi dalam mengambil keputusan," ucapnya.

Gagal raih imbang

Dalam pertandingan tersebut, Indonesia harus takluk dari Irak dengan skor 1-3 pada laga yang berlangsung di Ahmad Bin Ali Stadium, Senin, 15 Januari 2024 malam waktu Qatar.

Halaman:

Editor: Ryadh Fadhillah Junianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x