Analisis Lini Serang Timnas Indonesia Menghadapi Vietnam di Piala Asia 2023

- 18 Januari 2024, 15:05 WIB
Striker Timnas Indonesia, Rafael Struick (nomor 11) dikepung para pemain Irak pada laga penyisihan Grup D Piala Asia 2023.
Striker Timnas Indonesia, Rafael Struick (nomor 11) dikepung para pemain Irak pada laga penyisihan Grup D Piala Asia 2023. /Dok. PSSI/

DEMAK BICARA - Timnas Indonesia terpaksa harus menelan kekalahan dengan skor 1-3 dari Irak di laga pertama Grup D Piala Asia 2023 Qatar, Senin, 15 Januari 2024. Selanjutnya, skuad Garuda akan melawan Vietnam di pertandingan kedua.

Berdasarkan statistik, Timnas Indonesia hanya sanggup memiliki 34 persen penguasaan bola. Kemudian, hanya ada enam tendangan ke gawang yang dilepaskan sepanjang pertandingan kontra Irak di Piala Asia 2023 tersebut.

Sementara itu, Irak sanggup membuat hingga 13 kali tendangan, bahkan tiga di antaranya mampu dikonversi menjadi gol ke gawang Timnas Indonesia.

Baca Juga: Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia untuk Hadapi Vietnam di Piala Asia 2023, Tambahan Kekuatan Sudah Siap

Catatan tersebut tentu menjadi perhatian khusus bagi Shin Tae Yong agar di pertandingan selanjutnya menghadapi Vietnam performa lini serang Indonesia bisa lebih meningkat lagi.

Pada pertandingan melawan Irak, Shin Tae Yong menurunkan Marselino Ferdinan dan Yakob Sayuri untuk menyokong Rafael Struick sebagai target man di lini depan.

Kombinasi dari tiga pemain tersebut bisa dibilang cukup merepotkan pertahanan lawan. Kecepatan dan kelincahan yang dimiliki Yakob dan Marselino bahkan membuahkan satu gol ke gawang Irak.

Memasuki babak kedua, Shin Tae Yong memasukkan Dimas Drajad dan Witan Sulaeman dengan harapan lini serang Indonesia menjadi semakin bertenaga dan mampu mengimbangi barisan pertahanan Irak.

Namun, kombinasi kedua pemain tersebut tampak tidak membuahkan hasil yang signifikan. Indonesia seolah kembali menemukan kebuntuan untuk mengejar ketertinggalan gol.

Beberapa serangan yang dibangun juga tidak cukup mengancam gawang Irak.

Halaman:

Editor: Ryadh Fadhillah Junianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x