Timnas eFootball Indonesia Raih Juara AFC eAsian Cup 2023, Catat Sejarah sebagai Tim Pertama Peraih Gelar

- 6 Februari 2024, 10:05 WIB
Timnas eFootball Indonesia juara AFC eAsian Cup 2023 Qatar.
Timnas eFootball Indonesia juara AFC eAsian Cup 2023 Qatar. /Dok. AFC/

DEMAK BICARA - Timnas eFootball Indonesia berhasil menjadi juara pada ajang AFC eAsian Cup 2023 Qatar usai mengalahkan Jepang pada babak final di Virtuocity Arena Doha, Qatar, Senin malam WIB.

Timnas eFootball Indonesia yang diperkuat Elga Cahya Putra, Rizky Faidan, dan Akbar Paudie menaklukan Jepang di final dengan skor akhir dua leg  2-0 dalam laga best of three atau mencari dua kemenangan terlebih dahulu pada turnamen AFC eAsian Cup 2023.

Sebelumnya pada hari yang sama, Timnas eFootball Indonesia juga menaklukan Thailand di babak semifinal AFC eAsian Cup 2023 dengan menang dua game langsung 2-0 dan melaju ke babak final.

Baca Juga: Shin Tae Yong: Satu Persen pun Saya Tidak Tertarik Jadi Pelatih Timnas Negara Lain!

Timnas eFootball Indonesia menurunkan Elga Putra dan Rizky Faidan di laga final untuk menekuk tim Jepang 1-1 pada leg pertama melewati sudden death penalty dengan keunggulan 3-2, kemudian memastikan kemenangan 1-0 pada leg kedua.

Pertemuan Indonesia dengan Jepang bukan yang pertama kalinya dalam turnamen tersebut. Keduanya bahkan saling mengalahkan pada fase grup di Grup D.

Babak pertama leg pertama berlangsung ketat hingga tidak ada gol tercipta. Indonesia tercatat memiliki persentase penguasaan bola sebanyak 60 persen, namun Jepang berusaha untuk keluar dari tekanan.

Gol pun tercipta pada menit ke-70, umpan lambung dari Pratama Arhan diterima oleh Hokky Caraka yang kemudian diarahkan dan dieksekusi dengan apik oleh Ramadhan Sananta. Gol, Indonesia unggul 1-0.

Tim Indonesia menguasia pertandingan sepenuhnya, bermain dengan garis bertahan tinggi serta high pressing hingga tak menyisakan ruang bagi Jepang untuk menembus pertahanan.

Di penghujung babak kedua, Jepang akhirnya mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dan pertandingan pun berlanjut ke babak perpanjangan.

Halaman:

Editor: Ryadh Fadhillah Junianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x