Thomas Cup : Kejuaraan Bulutangkis Beregu Putra Bergengsi Dunia

- 17 April 2024, 09:09 WIB
Piala Thomas Cup - kejuaraan bulutangkis beregu pria bergengsi dunia.
Piala Thomas Cup - kejuaraan bulutangkis beregu pria bergengsi dunia. /ANTARA/

DEMAK BICARA - Thomas Cup merupakan kejuaraan beregu bulutangkis putra bergengsi dunia yang digelar dua tahun sekali.

Kejuaraan Thomas Cup pertama kali digelar pada tahun 1948 dan diikuti oleh 10 negara. Kanada, Denmark, Inggris, Perancis, Irlandia, Bosnia, Amerika Serikat, India, Malaya dan Swedia.

Malaysia yang kala itu masih bernama Malaya keluar sebagai juara dengan menang 8-1 di final atas Denmark.

Gelar Thomas Cup menjadi salah satu trofi yang menjadi incaran tim bulutangkis putra dari setiap negara. Dan pada tahun 2024 ini, Thomas Cup akan digelar bulan April di Chengdu, China.

Baca Juga: Jadwal Kejuaraan Bulutangkis Setelah Badminton Asia Championships 2024

Sejarah Singkat Thomas Cup

Melansir dari laman BWF, Piala Thomas dibuat oleh Atkin Bros dari London, piala ini mempunyai warna perak yang terdiri dari sebuah cangkir di atas alas, dengan sosok pemain di atas tutupnya.

Nama Thomas Cup sendiri di diberikan untuk menghormati Sir George Thomas, Pendiri-Presiden legendaris Federasi Bulutangkis Internasional (sekarang BWF).

Thomas Cup sendiri pertama kali digelar pada tahun 1948, dimana pada saat itu digelar tiga tahun sekali dengan format yang terdiri dari pertandingan best-of-nine: lima tunggal dan empat ganda.

Malaysia menjadi pemenang trofi pertama setelah mengalahkan Denmark 8-1 di partai final, Malaysia berhasil menyapu bersih di tiga edisi pertama.

Halaman:

Editor: Rika Rismayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah