Sejarah Kejuaraan Sepak Bola UEFA EURO Dari Awal Hingga Kini

- 15 Juni 2024, 18:32 WIB
Sejarah Kejuaraan Sepak Bola UEFA EURO Dari Awal Hingga Kini
Sejarah Kejuaraan Sepak Bola UEFA EURO Dari Awal Hingga Kini /Instagram ///

DEMAK BICARA - Kejuaraan Sepak Bola UEFA Eropa, yang dikenal sebagai EURO, adalah salah satu turnamen sepak bola paling bergengsi di dunia.

Diselenggarakan setiap empat tahun oleh Uni Sepak Bola Eropa (UEFA), turnamen EURO telah menjadi panggung utama bagi tim nasional terbaik di Eropa untuk bersaing memperebutkan gelar juara. Berikut adalah tinjauan sejarah EURO dari awal hingga kini.

Awal Mula EURO

Gagasan untuk mengadakan kejuaraan sepak bola di Eropa pertama kali dicetuskan oleh Henri Delaunay, Sekretaris Jenderal pertama UEFA. Namun, Delaunay tidak sempat melihat visinya terwujud karena ia meninggal pada tahun 1955.

Kejuaraan EURO akhirnya diadakan untuk pertama kalinya pada tahun 1960 dan trofi turnamen ini dinamai Henri Delaunay sebagai penghormatan atas jasanya.

Baca Juga: EURO 2024 Diprediksi Tambah 1 Miliar Euro ke Perekonomian Jerman, Efek Dari Dukungan Suporter Wisatawan

EURO 1960: Turnamen Perdana

Turnamen perdana diadakan di Prancis, dengan hanya empat tim yang berpartisipasi: Uni Soviet, Yugoslavia, Cekoslowakia, dan Prancis. Uni Soviet menjadi juara pertama setelah mengalahkan Yugoslavia 2-1 di final.

Perkembangan dan Perluasan

Pada tahun 1980, turnamen diperluas menjadi delapan tim dan Italia menjadi tuan rumah pertama dengan format ini. Semakin populernya turnamen ini membuat jumlah peserta terus bertambah.

Pada tahun 1996, jumlah tim peserta meningkat menjadi 16 tim. Turnamen yang diadakan di Inggris ini juga merupakan EURO pertama yang menggunakan sistem "golden goal," meskipun kemudian sistem ini dihapus.

EURO 2000 dan Setengah Abad Turnamen

EURO 2000 diadakan di dua negara, Belgia dan Belanda, menandai pertama kalinya turnamen ini diadakan di lebih dari satu negara. Kejuaraan ini diikuti oleh beberapa pertandingan spektakuler dan dimenangkan oleh Prancis.

Halaman:

Editor: Maya Atika


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah