EURO 2024 Diprediksi Tambah 1 Miliar Euro ke Perekonomian Jerman, Efek Dari Dukungan Suporter Wisatawan

- 15 Juni 2024, 14:23 WIB
EURO 2024 Diprediksi Tambah 1 Miliar Euro ke Perekonomian Jerman, Efek Dari Dukungan Suporter Wisatawan
EURO 2024 Diprediksi Tambah 1 Miliar Euro ke Perekonomian Jerman, Efek Dari Dukungan Suporter Wisatawan /Instagram @rctisports

DEMAK BICARA - Kejuaraan sepak bola UEFA EURO 2024 diperkirakan akan mendatangkan tambahan 1 miliar euro atau setara 1,07 miliar dolar AS untuk perekonomian Jerman dari kedatangan suporter, ungkap lembaga riset ifo Institute for Economic Research Jerman pada Jumat (14/6).

Dampak Ekonomi dari Kedatangan Suporter

Sekitar 600.000 wisatawan internasional tambahan diperkirakan akan mengunjungi Jerman untuk menyaksikan pesta sepak bola Eropa ini, yang akan menghasilkan 1,5 juta tambahan keterisian hotel selama turnamen tersebut.

Peneliti ifo Gerome Wolf menyebutkan bahwa ajang ini akan meningkatkan penjualan dalam industri perhotelan di Jerman, memberikan dorongan signifikan bagi perekonomian.

Penjualan yang disumbangkan oleh suporter sepak bola asing diperkirakan akan meningkatkan output ekonomi Jerman sekitar 0,1 persen pada kuartal kedua. Namun, Wolf memperkirakan bahwa ekspor jasa akan kembali turun ke tingkat normal pada kuartal ketiga setelah EURO 2024 berakhir.

Baca Juga: Euforia Kemenangan Piala Eropa, Timnas Jerman Libas Skotlandia 5-1 dalam Laga Pembuka Euro 2024

Optimisme di Sektor Perhotelan dan Restoran

Hotel dan restoran di kota-kota tuan rumah EURO 2024 menunjukkan optimisme tinggi terkait peningkatan bisnis selama turnamen. Survei yang dilakukan oleh Asosiasi Hotel dan Restoran Jerman (DEHOGA) menunjukkan hampir setengah dari pelaku bisnis perhotelan dan restoran mengharapkan hasil positif dari kejuaraan sepak bola ini.

Presiden DEHOGA, Guido Zoellick, menekankan bahwa meskipun tidak semua kota tuan rumah akan merasakan manfaat langsung, potensi dampak positif dalam memperkuat Jerman sebagai tujuan wisata dan mencerahkan situasi negara tidak boleh dianggap remeh.

Baca Juga: Jerman Buka Euro 2024 dengan Kemenangan Telak 5-1 atas Skotlandia

Kembali Jadi Tuan Rumah Setelah 2006

Ini adalah pertama kalinya Jerman menjadi tuan rumah acara sepak bola besar sejak Piala Dunia FIFA 2006, yang dikenal sebagai "dongeng musim panas" oleh warga Jerman. Foto yang diambil pada 7 Juni 2024 menunjukkan pemandangan interior Olympiastadion Berlin, salah satu tempat berlangsungnya turnamen ini, menandakan persiapan yang matang untuk menyambut para suporter dari seluruh dunia.

Halaman:

Editor: Maya Atika


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah