Review Hasil Pertandingan Timnas Indonesia vs Timnas Filipina AFF U-16, Garuda Muda Berhasil Raih 3 Poin

- 1 Agustus 2022, 09:12 WIB
Review Hasil Pertandingan Timnas Indonesia vs Timnas Filipina AFF U-16, Garuda Muda Berhasil Raih 3 Poin
Review Hasil Pertandingan Timnas Indonesia vs Timnas Filipina AFF U-16, Garuda Muda Berhasil Raih 3 Poin /tangkap layar Youtube.com/Indosiar


DEMAK BICARA - Timnas Indonesia memulai pertandingan pertama dalam gelaran Piala AFF U-16 yang dihelat Minggu 31 Juli 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman,  Yogyakarta.

Di piala AFF U-16 ini timnas Indonesia tergabung dalam Grup A bersama Filipina, Singapura dan Vietnam.

Timnas Indonesia di piala AFF U-16 dipimpin oleh kapten M. Iqbal Gwijangge, timnas Indonesia memakai jersey tandang merah.

Baca Juga: Hasil Akhir Indonesia Vs Filipina Piala AFF U16 Grup A, Timnas Garuda di Posisi Kedua Klasemen Sementara

Pertandingan piala AFF U-16 dibuka dan langsung timnas Indonesia dan timnas Filipina melakukan duel dari tengah lapangan.

Satu serangan timnas Indonesia lewat skema serangan balik cepat di sisi kanan pada menit ke-3 lalu di crossing ke kotak penalti, tapi bola hadangan pemain timnas Filipina malah masuk ke gawang sendiri, skor 1-0 untuk keunggulan timnas Indonesia.

Timnas Indonesia lalu meningkatkan serangan, di menit ke-5 Muhammad Nabil Asyura menerima umpan di kotak penalti tapi bola sentuhannya masih sedikit menyamping di sisi gawang Filipina.

Pada menit ke-8 kembali serangan timnas Indonesia dimulai dari sisi kanan, bola dichip ke tiang jauh gawang Filipina tapi berhasil digagalkan oleh kiper Cesar Alonso Castro.

Timnas Indonesia terus melakukan serangan, bek-bek Filipina seperti Lucas Sebastiano Gumaru Andan dan Alexander John Sabatin harus bekerja keras meredam agresivitas pemain timnas Indonesia.

Timnas Filipina bukan tanpa peluang, kreasi kapten Jared Alexander Reyes Pena dari lini tengah ke depan beberapa kali menyulitkan pertahanan Indonesia.

Peluang kembali hadir untuk timnas Indonesia pada menit ke-21 dan ke-22 dimana dua kali tendangan dari penyerang Muhammad Nabil Asyura dan Muhammad Narendra Tegar Islami masih belum bisa menghasilkan tambahan gol.

Timnas Filipina sesekali melakukan serangan, tapi beberapa kemelut di daerah timnas Indonesia belum bisa mereka manfaatkan dengan baik lewat overlap Bacchus Dwyn Pinaroc Ekberg.

Baca Juga: Profil Arkhan Kaka Putra, Remaja 14 Tahun Pencetak Gol Pertama untuk Timnas Indonesia dI Piala AFF U-16 2022


Beberapa skema umpan tarik juga diperlihatkan timnas Indonesia, lalau pada menit ke-26 tendangan bebas Muhammad Kafiatur Rizky masih ditepis Cesar Alonso Castro.

Hingga menit ke-35 Timnas Indonesia masih sering terlalu cepat dalam mengangkat bola, langsung diarahkan ke penyerang

Muhammad Nabil Asyura yang sudah beberapa kali mendapatkan peluang di depan gawang tapi penampilan apik Cesar Alonso Castro berhasil menggagalkannya.

Menit ke-37 berawal dari penetrasi Habil Akbar di sisi kiri pertahanan timnas Filipina lalu memberikan assist ke Arkhan Kaka Putra yang berhasil diteruskan,  gol skor 2-0 untuk timnas Indonesia hingga babak pertama usai.

Babak kedua dimulai, kedua tim Indonesia maupun Filipina masing-masing berusaha mengendalikan lini tengah, menit 56 tendang pojok berhasil diheading timnas Indonesia namun mengenai tiang gawang Filipina, bola pantulan coba diheading kembali oleh Arkhan Kaka Putra tapi masih menyamping.

Pada menit ke-65 Muhammad Riski Afrisal melakukan tusukan di kotak penalti Filipina dan dijatuhkan tapi wasit tidak melihatnya sebagai pelanggaran.

Lalu pada menit ke-67 tendangan keras Habil Akbar membentur mistar gawang Filipina lalu diteruskan oleh Ji Da Bin yang masuk sebagai pemain pengganti tapi masih menyamping di sisi gawang.

Karena terus ditekan oleh timnas Indonesia maka praktis timnas Filipina hanya melakukan sekali dua kali serangan salah satunya dari kapten Jared Alexander Reyes Pena.  

Saat pertandingan memasuki menit ke-70 pemain Filipina mulai keram, sedangkan coach Bima Sakti terus memberikan instruksi pada timnas Indonesia dari pinggir lapangan.

Menit ke-76 pemain timnas Filipina yaitu Arvin Alayon yang masuk sebagai pengganti melepaskan tendangan tapi masih melambung, M. Iqbal Gwijangge menjaga daerah pertahanan dengan sangat baik.

Peluang datang beruntun untuk timnas Indonesia pada menit ke-84 lewat shooting Arjuna Tri Wahyudi di kotak penalti dan menit-85 melalui tendangan kaki kiri luar M. Kafiatur Rizky tapi tak ada yang menjadi gol.

Sampai berakhirnya pertandingan skor 2-0 tetap tak berubah dan membuat timnas Indonesia berhasil mengamankan tiga poin di laga perdana AFF-U16.***

Editor: Kusuma Nur


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x