Skenario Terkini Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023, Hadapi Jepang dan Peringkat 3 Terbaik

- 24 Januari 2024, 14:30 WIB
Skenario terkini Timnas Indonesia bisa lolos ke 16 besar Piala Asia 2023, salah satunya melalui peringkat tiga terbaik.
Skenario terkini Timnas Indonesia bisa lolos ke 16 besar Piala Asia 2023, salah satunya melalui peringkat tiga terbaik. /Dok. AFC/

DEMAK BICARA – Timnas Indonesia akan melakoni pertandingan penentuan menghadapi Jepang di penyisihan Grup D Piala Asia 2023. Laga tersebut menjadi salah satu skenario yang menentukan langkah Skuad Garuda ke babak 16 besar.

Laga Timnas Indonesia vs Jepang akan berlangsung di Al Thumama Stadium, Qatar, Rabu, 24 Januari 2024. Terdapat beberapa skenario agar Skuad Garuda bisa melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Jepang dan Timnas Indonesia sama-sama akan menentukan kiprahnya di Piala Asia 2023 melalui pertandingan ini. Namun, ada skenario lain bagi Skuad Garuda lolos ke babak 16 besar, yakni melalui peringkat tiga terbaik.

Baca Juga: Preview dan Prediksi Indonesia vs Jepang Penyisihan Piala Asia 2023 Grup D, Garuda Selangkah Menuju 16 Besar

Sebelumnya, terdapat beberapa aspek yang menentukan posisi teratas pada peringkat tiga terbaik dari setiap grup.

Hanya ada empat tim dari enam peringkat tiga terbaik di setiap grup yang berhak lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Aspek-aspek penentu tersebut secara berurutan antara lain poin, selisih gol, jumlah gol yang dicetak, kedisiplinan permainan, dan mengambil undian.

Palestina dan Suriah sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar melalui skenario peringkat tiga terbaik. Artinya, tersisa dua slot lagi yang akan diperebutkan untuk melaju.

Skenario 1, jika Indonesia menang

Jika Indonesia dapat memenangkan pertandingan melawan Jepang, maka perolehan poin Skuad Garuda di Grup D menjadi enam, sedangkan tim Samurai Biru tetap tiga.

Itu artinya, Indonesia otomatis lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 dengan status runner-up Grup D, tanpa harus melihat situasi di peringkat tiga terbaik.

Halaman:

Editor: Ryadh Fadhillah Junianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x