Alasan Shin Tae Yong Memasang Elkan Baggott sebagai Striker saat Indonesia vs Jepang di Piala Asia 2023

- 25 Januari 2024, 14:00 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong jelaskan alasannya menempatkan Elkan Baggott sebagi striker pada laga Indonesia vs Jepang di Piala Asia 2023.
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong jelaskan alasannya menempatkan Elkan Baggott sebagi striker pada laga Indonesia vs Jepang di Piala Asia 2023. /Dok. PSSI/

DEMAK BICARA – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong melakukan sebuah strategi unik dengan memasang pemainnya yang berposisi asli sebagai bek tengah, Elkan Baggott sebagai striker atau penyerang pada laga Indonesia vs Jepang di Piala Asia 2023.

Eksperimen yang diterapkan Shin Tae Yong pada laga Indonesia vs Jepang di Piala Asia 2023 itu dilakukan saat Elkan Baggott masuk menggantikan Egy Maulana Vikri yang cedera pada menit ke-73 akibat pelanggaran keras Takumi Minamino.

Ditempatkannya Elkan Baggott sebagai striker di laga Indonesia vs Jepang matchday ketiga Grup D Piala Asia 2023 oleh Shin Tae Yong itu pun mengundang sejumlah pertanyaan. Padahal, di bench cadangan ada nama Hokky Caraka dan Dendy Sulistyawan yang sejatinya berposisi penyerang.

Baca Juga: Kiper Jepang 'Anggap Remeh' Lemparan Jauh Bek Timnas Indonesia

Pada laga tersebut, Indonesia harus mengakui keunggulan Jepang dengan skor 3-1. Tiga gol Jepang dilesakkan oleh brace Ayase Ueda dan gol bunuh diri dari Justin Hubner.

Sedangkan gol tunggal Indonesia dicetak oleh Sandy Walsh di injury time babak kedua memanfaatkan lemparan jauh Pratama Arhan.

Shin Tae Yong mengungkapkan, tujuannya menempatkan Baggott sebagai striker pada pertandingan tersebut karena ia berharap bek Ipswich Town itu dapat memenangkan duel udara di pertahanan Jepang.

Baggott memang mempunyai postur tubuh yang cukup tinggi, kemudian Shin juga melihat bahwa Jepang mempunyai kelemahan pada bola-bola atas. Hal itulah yang coba dimanfaatkan pelatih asal Korea Selatan tersebut.

“Meskipun level penampilan Jepang sangat tinggi, tapi kami mencoba mengambil kelemahan mereka itu dari tinggi badan,” kata Shin Tae Yong saat sesi konferensi pers.

“Hubungannya dengan bola-bola atas dan itulah alasan saya menempatkan Baggott sebagai striker,” ujar Shin menambahkan.

Halaman:

Editor: Ryadh Fadhillah Junianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah