MotoGP Argentina 2024 Batal Digelar, Ini Sebabnya

- 1 Februari 2024, 18:00 WIB
Pembalap VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi (tengah) memenangkan MotoGP seri Argentina musim 2023.
Pembalap VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi (tengah) memenangkan MotoGP seri Argentina musim 2023. /Instagram/@motogp/

DEMAK BICARA - Setelah sempat masuk ke kalender MotoGP 2024, gelaran balap motor MotoGP di Argentina secara resmi akhirnya dibatalkan.

Pembatalan MotoGP Argentina 2024 tersebut dikonfirmasi oleh Federasi Olahraga Motor Internasional (FIM), Asosiasi Tim Balap Motor Internasional (IRTA), dan promotor/penyelenggara MotoGP, Dorna Sports pada Rabu, 31 Januari 2024.

Dalam keterangan resminya, pembatalan MotoGP Argentina 2024 dikarenakan penyelenggara di Argentina tidak dapat menjamin pelayanan yang diperlukan untuk gelaran Grand Prix.

Baca Juga: Lengkap! Line Up Pembalap MotoGP 2024, Kiprah Marc Marquez Bersama Tim Baru yang Patut Dinanti

Disebutkan juga, pembatalan GP Argentina tersebut tidak akan diganti oleh GP di sirkuit atau negara lainnya. Itu membuat jumlah seri MotoGP 2024 berkurang satu menjadi 21 seri.

Sebelumnya, MotoGP Argentina dijadwalkan bakal diselenggarakan pada 5-7 April 2024 di Sirkuit Termas de Rio Hondo.

“Karena keadaan saat ini di Argentina, promotor acara telah menyampaikan bahwa saat ini mereka tidak dapat menjamin layanan yang diperlukan untuk Grand Prix yang akan berlangsung pada tahun 2024 sesuai standar MotoGP," tulis keterangan tersebut dilansir dari Antara, Rabu, 31 Januari 2024.

“Acara ini tidak akan tergantikan pada kalender 2024. MotoGP berharap dapat kembali menggelar balapan di Termas de Rio Hondo pada tahun 2025,” tambahnya.

Tidak dijelaskan secara detail mengenai sebab pembatalan MotoGP Argentina musim ini. Namun, rumor batalnya balapan di Argentina ini ternyata sudah beredar sejak dibatalkannya juga ajang World Superbike (WSBK) 2023 di San Juan Villicium.

Balapan final tersebut sebelumnya dibatalkan karena tingginya tingkat inflasi di Amerika Selatan yang mencapai lebih dari 200 persen pada tahun lalu.

Halaman:

Editor: Ryadh Fadhillah Junianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x