Peluang Jay Idzes Bermain untuk Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Melawan Irak

- 5 Juni 2024, 18:30 WIB
Bek Timnas Indonesia, Jay Idzes.
Bek Timnas Indonesia, Jay Idzes. /Instagram/@jayidzes/

DEMAK BICARA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong mengindikasikan kemungkinan untuk memainkan bek tengah Jay Idzes dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak yang dijadwalkan Kamis, 6 Juni 2024.

Sebagai informasi, Jay Idzes baru saja mengantarkan timnya, Venezia promosi ke Serie A, kasta tertinggi sepak bola Italia setelah menang 1-0 atas Cremonese pada laga playoff yang digelar pada Minggu, 2 Juni 2026. Ia pun berpeluang memperkuat Timnas Indonesia saat melawan Irak.

Dengan mempertimbangkan pentingnya pertandingan ini dan kekuatan yang dimiliki oleh tim Irak, peluang bagi Jay Idzes untuk tampil bersama Timnas Indonesia cukup besar.

Situasi ini serupa dengan kejadian pada Piala Asia U23 lalu, di mana Justin Hubner yang terlambat bergabung dengan Skuad Garuda langsung dimainkan saat melawan Australia.

Baca Juga: Instruksi Khusus Shin Tae Yong kepada Timnas Indonesia untuk Hadapi Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Untuk Jay (Idzes), akan sampai Indonesia hari ini, saya akan cek dulu kondisi pemain seperti apa, setelah itu akan diputuskan Jay akan bermain atau tidak,” kata Shin Tae Yong pada sesi konferensi pers sebelum pertandingan, Rabu, 5 Juni 2024.

Sementara itu, Calvin Verdonk yang baru saja resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) tadi malam sudah ikut berlatih dengan Timnas Indonesia. Namun, ia masih harus menunggu proses perpindahan federasi induknya dari KNVB ke PSSI sebelum bisa dimainkan.

“Calvin (Verdonk) bisa didaftarkan untuk pertandingan tanggal 11 (melawan Filipina), tapi untuk pertandingan kali ini (melawan Irak) tidak akan bisa dimainkan,” ujarnya.

Syarat lolos ke putaran selanjutnya

Dalam dua pertemuan terakhir menghadapi Irak, Indonesia selalu kalah. Meskipun memiliki catatan kurang baik melawan tim tamu tersebut, Shin Tae Yong tetap optimis bahwa timnya akan mampu menampilkan performa terbaik, terutama saat bermain di hadapan publik sendiri.

“Memang pertandingan pertama, pertandingan kedua ada perbedaan kemampuan atau skill individu, ada juga yang sangat disayangkan,” ucap Shin.

Halaman:

Editor: Ryadh Fadhillah Junianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah