Instruksi Khusus Shin Tae Yong kepada Timnas Indonesia untuk Hadapi Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026

- 5 Juni 2024, 18:05 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong.
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong. /Dok. PSSI/

DEMAK BICARA – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong menginstruksikan kepada para pemainnya untuk dapat menikmati pertandingan krusial melawan Irak dalam putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Irak akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Kamis, 6 Juni 2024 besok. Shin Tae Yong pun berharap anak asuhnya dapat tampil maksimal dan menikmati jalannya laga.

Irak seolah-olah menjadi lawan tangguh bagi Timnas Indonesia. Dalam dua pertemuan terakhir, Skuad Garuda harus mengakui keunggulan Irak dengan skor telak. Pada pertemuan pertama dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia kalah 1-5, sementara di fase grup Piala Asia 2023, Indonesia kembali takluk dengan skor 1-3.

Baca Juga: Proses Naturalisasi Lengkap, Calvin Verdonk Resmi Jadi WNI

Pada peringkat FIFA, Irak berada jauh di atas Indonesia. Saat ini, Irak menempati posisi ke-58, sedangkan Indonesia berada di peringkat ke-134. Perbedaan ini menunjukkan betapa beratnya tantangan yang harus dihadapi oleh tim Garuda.

“Sekarang para pemain semestinya bisa enjoy dan menikmati saja pertandingan besok lawan Irak, daripada kita takut,” kata Shin Tae Yong pada konferensi pers sebelum pertandingan, Rabu, 5 Juni 2024.

“Kita pasti bisa menunjukkan bahwa angka di peringkat FIFA itu hanya sekadar angka,” ujarnya lebih lanjut.

Shin Tae Yong menilai bahwa hasil pertandingan melawan Irak bisa saja berbeda jika pertandingan dipimpin oleh wasit yang baik. Meski demikian, pelatih asal Korea Selatan tersebut menegaskan bahwa perbedaan peringkat FIFA tidak membuat dirinya dan tim merasa rendah diri.

“Ketika ketemu Irak lagi di Piala Asia, saat itu skornya 1-1, setelah itu Irak mencetak gol, saya masih berpikir itu adalah offside. Dan itu jika diputuskan offside dari wasit, kita tahu hasil kemarin seperti apa,” tuturnya.

“Memang secara peringkat FIFA berbeda jauh tetapi saya tetap memberikan motivasi kepada para pemain, dan bisa bermain dengan percaya diri, karena kami sudah kompak dan level kami sudah semakin meningkat,” ucap Shin.

Halaman:

Editor: Ryadh Fadhillah Junianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah