Profil Muhammad Iqbal Gwijangge, Kapten Timnas U-16 Indonesia Asal Jawa Barat dan Berdarah Papua

- 4 Agustus 2022, 10:30 WIB
BIODATA Pemain Timnas U-16 Indonesia Tahun 2022 Ada Muhammad Iqbal Gwijangge Sebagai Kapten Timnas U -16
BIODATA Pemain Timnas U-16 Indonesia Tahun 2022 Ada Muhammad Iqbal Gwijangge Sebagai Kapten Timnas U -16 /tangkapan layar/


DEMAK BICARA - Sosok Muhammad Iqbal Gwijangge menyita perhatian para pecinta sepakbola termasuk Timnas Indonesia, ia ditunjuk oleh coach Bima Sakti untuk memimpin pasukan Garuda Muda pada gelaran Piala AFF U-16 2022 ini.

Pasalnya tugas yang diemban Muhammad Iqbal Gwijangge memimpin pasukan timnas Indonesia tidaklah mudah, bertanding di hadapan publik sendiri di Yogyakarta Timnas Indonesia satu grup bersama timnas Filipina, Singapura dan Vietnam di Piala AFF U-16 2022.

Muhammad Iqbal Gwijangge yang lahir pada 29 Agustus 2006 ini masuk dalam daftar 28 pemain Timnas Indonesia yang dipanggil oleh coach Bima Sakti pada gelaran Piala AFF U-16 2022.

Baca Juga: 3 Jadwal Film Bioskop Terbaru Hari Ini di Galaxy XXI Surabaya, Pengabdi Setan 2 Communion, Ivanna, Way Down

Ia sendiri diketahui merupakan kelahiran Sumedang Jawa Barat namun memiliki darah Papua, Muhammad Iqbal Gwijangge berposisi sebagai pemain bertahan atau defender dimana ia saat ini memperkuat tim Bhayangkara FC U-16 dan sebelumnya bermain untuk Bandung Pro United.

Darah atlet Muhammad Iqbal Gwijangge berasal dari orang tuanya yang dulu merupakan mantan atlet angkat berat asal Jawa Barat bernama Besinah Haluk.

Ujian pertama hadir kala Timnas Indonesia bertemu dengan timnas Filipina di stadion Maguwoharjo Sleman, Yogyakarta, dengan postur ideal 179cm, Muhammad Iqbal Gwijangge mengawal lini pertahanan bersama Habil Abdillah Akbar, Rizdjar Nurviat Subagja, dan Sulthan Zaky Pramana.

Ketenangan dan kepiawaian Muhammad Iqbal Gwijangge dalam meredam serangan sekaligus menjaga pemain lawan memberikan rasa nyaman pada lini pertahanan Timnas Indonesia yang hasilnya membawa kemenangan 2-0 atas timnas Filipina.

Baca Juga: 2 Jadwal Film Bioskop Terbaru Hari Ini di Delta XXI Surabaya, Pengabdi Setan 2 Communion, Ivanna

Hal itu Muhammad Iqbal Gwijangge tunjukkan kembali kala bersua dengan Timnas Singapura, penetrasi pemain Singapura yang akan melewati garis pertahanannya berhasil dilumpuhkan.

Pada pertandingan yang berakhir dengan pesta gol 9-0 itu, Muhammad Iqbal Gwijangge sulit sekali dilewati penyerang lawan sehingga membuat semua peluang Singapura harus pupus di kakinya.  

Kepemimpinannya di atas lapangan juga harus diacungi jempol, sebagai kapten Timnas Indonesia Muhammad Iqbal Gwijangge sering kali terlihat memberikan semangat pada rekan-rekannya di lini pertahanan maupun saat mereka melakukan kesalahan.

Ujian berat selanjutnya akan hadir di laga terakhir Grup A Piala AFF U-16 2022, Sabtu 6 Agustus 2022 dimana Timnas Indonesia akan bertemu dengan timnas Vietnam.

Kedua tim sudah sama-sama mengumpulkan 6 poin hasil dari dua kemenangan, namun timnas Indonesia berhasil memuncaki daftar klasemen karena menang selisih jumlah gol.***

Editor: Kusuma Nur


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x