PSSI Berkolaborasi Bentuk Satgas Anti Mafia Bola, Wujudkan Sepakbola Bersih dari Praktik Kecurangan

- 20 September 2023, 19:06 WIB
PSSI membentuk tim Satgas Anti Mafia Bola.
PSSI membentuk tim Satgas Anti Mafia Bola. /Dok. PSSI

DEMAK BICARA - PSSI akan berkolaborasi dengan beberapa individu independen untuk membentuk tim Satgas Anti Mafia Bola demi mewujudkan sepakbola yang bersih dari segala unsur kecurangan.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan, telah mendapat arahan dari Presiden Joko Widodo untuk memberi perhatian khusus pada praktik kecurangan sepakbola dan mengambil langkah untuk membentuk Satgas Anti Mafia Bola.

Seperti diketahui, permasalahan serius pada sepakbola seperti praktik pengaturan skor dan pertandingan menjadi perhatian khusus PSSI hingga dibentuknya tim Satgas Anti Mafia Bola untuk membasmi unsur-unsur kecurangan tersebut.

Baca Juga: Bakal Digunakan untuk Piala Dunia U17, Derbi Jatim Persebaya vs Arema FC Tetap di GBT, Erick: Mohon Dijaga!

"Tadi pagi saya dipanggil Pak Presiden, selain melaporkan kesiapan Piala Dunia U-17 dan rencana peletakan batu pertama pusat latihan nasional PSSI di IKN, secara khusus saya diperintahkan untuk memberi perhatian serius soal praktik pengaturan pertandingan dan mafia sepakbola," kata Erick dilansir laman resmi PSSI, Rabu, 20 September 2023.

"Bahkan, meminta keterlibatan tokoh-tokoh independen (di Satgas Anti Mafia Bola) agar jelas transparansinya," ucap Erick menambahkan.

Erick mengungkapkan, atas arahan Presiden dan juga didorong melakukan intropeksi secara internal, keterlibatan beberapa tokoh independen dalam satgas diyakini akan memberikan dampak nyata dalam mewujudkan sepakbola yang bersih, bebas dari segala praktik kecurangan, dan tranparansi yang jelas.

Anggota Satgas Anti Mafia Bola dan kolaborasi FIFA

Satgas Anti Mafia Bola beranggotakan mantan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2015-2019, Maruarar Sirait, jurnalis Najwa Shihab, mantan Ketua BPKP, Ardan Adiperdana, dan koordinator Save Our Soccer (SOS) Akmal Marhali.

Erick merasa cukup optimis dengan adanya tim satgas tersebut mampu bekerja secara maksimal. Nantinya, tim tersebut akan berkolaborasi juga dengan FIFA sebagai bagian dari transparansi.

Halaman:

Editor: Ryadh Fadhillah Junianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x