Persib Resmi Umumkan Ubah Hari Jadi, Bukan Lagi 14 Maret 1933

- 17 Desember 2023, 22:16 WIB
Persib secara resmi mengumumkan perubahan hari jadinya.
Persib secara resmi mengumumkan perubahan hari jadinya. /Demak Bicara/Ryadh Fadhillah J.

DEMAK BICARA - Tim Persib melalui CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB), Glenn T Sugita secara resmi mengumumkan perubahan hari jadi atau lahirnya klub yang berbasis di Kota Bandung tersebut.

Seperti diketahui, awalnya hari jadi Persib adalah pada tanggal 14 Maret 1933 dan kini melalui pengumuman resmi diubah menjadi 5 Januari 1919 setelah dilakukan riset serta penelusuran.

Hasil riset dari Tim Peneliti Hari Jadi Persib tersebut yang diketuai oleh Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran (FIB Unpad), Prof. Kunto Sofianto, Ph.D diserahkan kepada Persib pada Minggu, 17 Desember 2023.

Baca Juga: Preview dan Prediksi Bhayangkara FC vs Persita di BRI Liga 1 2023-2024 Pekan ke-23, Radja Nainggolan Debut?

Tim peneliti yang beranggotakan Dr. Miftahul Falah M.Hum, Budi Gustaman Sunarya, M.A, Iqbal Reza Satria, S.H., M.I.P., dan Muhammad Ridha Taufiq Rahman, S.IP., MA, seperti diterangkan Prof. Kunto, bekerja cukup lama melakukan riset sejarah dengan merujuk pada sumber primer dan sumber sezaman untuk menentukan hari jadi Persib menjadi 5 Januari 1919.

"Riset hari jadi ini dilakukan untuk menjawab keresahan dan bahkan keraguan yang muncul dalam satu dekade terakhir," ucap Prof. Kunto dilansir dari laman resmi klub, 17 Desember 2023.

"Terutama dari pegiat literasi, jurnalis dan Bobotoh Persib karena tidak adanya bukti otentik dasar penetapan hari jadi Persib pada tanggal 14 Maret 1933," tuturnya menambahkan.

Selain itu, terdapat narasi yang menyebutkan bahwa Persib atau yang dulu bernama Bandoengsch Inlansch Voetbal Bond (BIVB) merupakan salah satu dari tujuh klub perserikatan yang mendirikan federasi sepakbola nasional (PSSI) pada 19 April 1930.

Hal itu juga menjadi alasan lain tim peneliti melakukan kajian ilmiah dan riset dalam penentuan hari jadi Persib ini.

Lebih lanjut, Kunto menjelaskan, logikanya sebagai salah satu klub pendiri PSSI, seharusnya Persib lahir terlebih dahulu daripada berdirinya federasi sepakbola nasional tersebut.

Halaman:

Editor: Ryadh Fadhillah Junianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x