Proses Naturalisasi Rampung, Jay Idzes Sah Jadi WNI

- 28 Desember 2023, 13:34 WIB
Jay Idzes resmi menjadi Warga Negara Indonesia.
Jay Idzes resmi menjadi Warga Negara Indonesia. /Dok. PSSI./

DEMAK BICARA - Jay Idzes resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah dirinya selesai melakukan pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia sebagai bagian dari proses naturalisasi di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Kamis, 28 Desember 2023.

Pada awal Desember lalu, Komisi III dan X DPR RI menyetujui pengajuan naturalisasi dua pemain salah satunya Jay Idzes. Sehari berselang, Paripurna DPR pun akhirnya merestui hal tersebut. Proses pergantian kewarganegaraan ke WNI yang dilakukan Idzes pun terbilang cukup singkat.

Sebelum Jay Idzes, PSSI telah rampungkan naturalisasi kepada tujuh pemain keturunan Eropa lainnya untuk menjadi WNI. Mereka antara lain Jordi Amat, Sandy Walsh, Elkan Baggott, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Rafael Struick dan yang terbaru adalah Justin Hubner.

Baca Juga: Shayne Pattynama Usung Misi di Piala Asia 2023: Bersaing, Bukan Bermain!

Beberapa dari mereka kini tengah mengikuti pemusatan latihan (TC) di Turki sebagai bagian persiapan Timnas Indonesia pada ajang Piala Asia 2023.

Lahir pada 2 Juni 2000 di Mierio, Belanda, Jay Noah Idzes memiliki darah Indonesia dari kakek dan neneknya. Usai resmi menjadi WNI, pemain berpostur 191 cm itu mengaku senang dan tampak antusias menjalani proses dan tahapan menjadi WNI.

“Perasaan saya senang, tentu saja. Akhirnya saya bisa menyelesaikan prosesnya dengan baik dan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI),” kata Idzes dilansir laman resmi PSSI, Kamis, 28 Desember 2023.

“Ini adalah hari yang luar biasa dan saya dalam kondisi baik. Saya ingin berterima kasih kepada Ketum PSSI Bapak Erick Thohir juga pemerintah Indonesia. Saya siap memberikan segalanya untuk negara ini. Saya sudah tidak sabar ingin bergabung dengan tim dan bermain untuk Indonesia,” tuturnya menambahkan.

Proses pengambilan sumpah Nathan tertunda

Setelah menjalani pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia, Jay Idzes dijadwalkan langsung menuju kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) serta kantor Imigrasi untuk mengurus KTP dan juga paspor.

Jay Idzes merupakan pemain yang kini memperkuat tim Serie B Italia, Venezia. Ia berposisi sebagai bek tengah dan juga gelandang bertahan.

Halaman:

Editor: Ryadh Fadhillah Junianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x