UEFA Resmi Ubah Format Liga Champions, Mulai Diterapkan di Musim 2024-2025

- 5 Maret 2024, 14:59 WIB
UEFA resmi akan menerapkan format baru Liga Champions mulai musim 2024-2025.
UEFA resmi akan menerapkan format baru Liga Champions mulai musim 2024-2025. /Reuters/Leonhard Simon./

DEMAK BICARA - Asosiasi Sepakbola Eropa (UEFA) secara resmi akan menerapkan format baru Liga Champions untuk musim 2024-2025.

UEFA merilis format baru yang akan diterapkan pada Liga Champions 2024-2025 adalah mengganti fase grup dengan sistem liga.

Format baru Liga Champions 2024-2025 tersebut disampaikan oleh Presiden UEFA Aleksander Ceferin dalam laman resmi UEFA, Senin, 4 Maret 2024.

Baca Juga: Kalahkan Man United di Derbi Manchester, Pelatih Man City Sorot Salah Satu Pemainnya, Pep: Terbaik!

"UEFA jelas menunjukkan bahwa kami berkomitmen penuh menghormati nilai-nilai fundamental olahraga dan mempertahankan prinsip utama kompetisi terbuka dengan kualifikasi berdasarkan prestasi olahraga, sepenuhnya sejalan dengan nilai-nilai dan model olahraga Eropa yang berbasis solidaritas," kata Ceferin.

Dia juga mengungkapkan bahwa penerapan perubahan format tersebut sudah disetujui dengan keputusan bulat oleh berbagai pihak.

"Saya sangat senang bahwa ini adalah keputusan bulat dari Komite Eksekutif UEFA dengan Asosiasi Klub Eropa, Liga Eropa, dan asosiasi nasional semuanya menyetujui proposal yang dibuat," tuturnya.

"Bukti lain bahwa sepak bola Eropa lebih bersatu dari sebelumnya," ujarnya lebih lanjut.

Tak ada babak penyisihan

Dengan bergantinya ke format baru, maka peserta Liga Champions akan bertambah dari yang semula 32 menjadi 36 tim.

Kemudian babak penyisihan atau fase grup yang biasanya terdiri dari delapan grup juga tidak lagi berlaku dan digantikan dengan satu klasemen liga.

Halaman:

Editor: Ryadh Fadhillah Junianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x