PSSI Tidak Putuskan Timnas Indonesia Absen dari Piala AFF 2024

- 27 Juni 2024, 09:25 WIB
PSSI Tidak Putuskan Timnas Indonesia Absen dari Piala AFF 2024
PSSI Tidak Putuskan Timnas Indonesia Absen dari Piala AFF 2024 /

 

DEMAK BICARA - Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) telah resmi merilis jadwal turnamen sepak bola antarnegara Asia Tenggara (ASEAN) yang akan diselenggarakan pada 23 November hingga 21 Desember 2024. Namun, muncul sebuah unggahan di YouTube yang menarasikan bahwa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memutuskan Timnas Indonesia tidak akan mengikuti Piala AFF 2024 karena dianggap sudah bukan levelnya.

Unggahan tersebut menyatakan: “RESMI! PSSI PUTUSKAN PIALA AFF TIDAK MASUK LAGI KALENDER TIMNAS INDONESIA. AFF BUKAN LEVEL LAGI.”

Baca Juga: Terkait Dana Sidang Banding Maarten Paes, Ini Sikap PSSI

Fakta di Balik Klaim

Namun, setelah ditelusuri lebih lanjut, tidak ada informasi resmi dari PSSI yang mendukung klaim tersebut. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyatakan bahwa prestasi timnas sepak bola Indonesia di SEA Games 2025 tetap menjadi prioritas bagi organisasi yang dipimpinnya, sedangkan Piala AFF 2024 merupakan sasaran antara.

Erick Thohir menjelaskan bahwa Piala AFF 2024 akan berlangsung pada November hingga Desember 2024. Sementara itu, timnas Indonesia akan memainkan pertandingan putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada periode yang sama, yaitu enam laga mulai 5 September hingga 19 November.

Baca Juga: Daftar 11 Tim yang Sudah Pastikan Tempat di 16 Besar Euro 2024

Sikap PSSI Terhadap Jadwal Turnamen

Menurut Erick Thohir, pihaknya dan PT Liga Indonesia Baru sebagai operator Liga Indonesia telah menyinkronkan jadwal kompetisi dalam negeri dengan jadwal tim nasional. "Untuk SEA Games dan AFF kita masih menunggu putusan AFF dan juga SEA Games itu usia berapa yang akan dimainkan di SEA Games. Jadi memang SEA Games menjadi target juga buat kita di mana, tentu salah satu membentuk tim jangka panjang melalui beberapa event kompetisi salah satunya AFF," kata Erick, dilansir dari ANTARA.

Erick juga memastikan bahwa Liga Indonesia akan tetap berjalan meskipun Piala AFF berlangsung. "Dan tentu kita juga sudah melihat bagaimana target. SEA Games, itu liga berhenti, AFF tidak berhenti. Ya ini ada semua tentu perhitungan semua, tidak berarti kita melihat sebelah mata AFF, tapi konsekuensinya Liga harus jalan, AFF harus jalan, apalagi sekarang ada kejuaraan AFF dan AFC untuk klub," ujarnya.

Halaman:

Editor: Maya Atika


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah