Heboh Irene vs Dewa Kipas, Ini 6 Buku Bagus Tentang Catur yang Wajib Dibaca

- 20 Maret 2021, 16:51 WIB
Ilustrasi: Tim catur putri Indonesia masuk semi final catur daring Piala Asia.
Ilustrasi: Tim catur putri Indonesia masuk semi final catur daring Piala Asia. /

DEMAK BICARA – Publik Indonesia sedang dihebohkan bakal digelarnya pertandingan catur antara Grand Master Irene Sukandar melawan Dadang Subur atau Dewa Kipas. Pertarungan keduanya akan disiarkan secara live melalui podcast Dedy Corbuzier pada Senin, 22 Maret 2021 pukul 15.00 WIB.

Irene adalah grandmaster wanita pertama di Indonesia. Prestasi berhasil ditorehkan di berbagai ajang catur Internasional. Sementara nama Dewa Kipas melejit belakangan ini setelah menang melawan pecatur Amerika Serikat IM Levy Rozman (GothamChess) melalui pertandingan online. Namun, Dewa Kipas dituduh berbuat curang, sehingga akunnya diblokir.

Catur permainan yang sudah sangat tua. Permainan ini digemari semua kalangan dan berbagai lapisan. Saking populernya catur, banyak sekali buku-buku yang mengupas tentang permainan ini. Baik buku mengupas strategi bermain catur, tutorial, atau juga buku biografi pecatur handal dunia.

Berikut ini 6 buku yang mengupas tentang catur:

1. How to Reassess Your Chess, karya Jeremy Silman

Buku ini salah satu yang terlaris di dunia. Yang membuat buku ini digemari adalah karena Silman bukan hanya penulis tapi juga jagoan catur. Jadi, dia bisa menuliskan tentang catur dengan sangat menarik. Buku ini tebalnya 658 halaman, dan sudah cetak ulang berkali-kali sejak terbit pada tahun 2010. Teori-teori terbaru dalam catur ditulis dalam buku ini.

Baca Juga: 9 Tokoh Dunia Ini Suka Bermain Catur: Dari Politisi, Ilmuwan Hingga Filsuf

2. Manual Endgame karya Mark Dvoretsky

Kalau buku yang satu ini, khusus untuk mereka yang sudah level tinggi. Karena berisi khusus trik meningkatkan keterampilan endgame. Dvoretsky salah satu pelatih catur paling terkenal dan paling dihormati di dunia.

Halaman:

Editor: Muhammad J.H


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x