Ini 11 Fakta Unik Tentang Catur: Menyelamatkan dari Hukuman Mati, No 9 Mencengangkan

- 22 Maret 2021, 08:58 WIB
Ilustrasi catur.
Ilustrasi catur. /Pixabay/Steve Buissinne

 

DEMAK BICARA- Hari ini, 22 Maret 2021, publik Indonesia akan disuguhkan pertandingan catur antara Dewa Kipas atau Dadang Subur melawan Grand Master catur wanita Irene Kharisma Sukandar.

Pertandingan ini akan disiarkan secara live melalui podcast Dedy pada Senin, 22 Maret 2021 pukul 15.00 WIB.

Sebelum menonton pertandingan ini, ketahui dahulu 11 fakta unik tentang catur:

1. Mata Pelajaran Wajib di Armenia

Catur menajdi mata pelajaran wajib di sekolah-sekolah di Armenia. Setiap anak berusia 6 tahun keatas,wajib mengikuti pelajaran catur. Di Armenia, mata pelajaran catur setara dengan standar pelajaran matematika dan sejarah. Armenia negara pertama di dunia yang memasukkan catur sebagai mata pelajaran wajib di sekolah.

2. Nyawa Diselamatkan Catur

Ada kisah menarik seorang tentara yang nyawanya diselamatkan catur. Pada tahun 1918, grand master catur Ossip Bernstein ditangkap oleh polisi rahasia Bolshevik Uni Sovyet dan dijatuhi vonis mati. Saat regu tembak berbaris di depannya, seorang perwira senior dan penggemar catur mengenali Bernstein.

Perwira bertaruh dengan Bernstein untuk bertanding catur. Taruhannya, jika Bernstein menang, ia akan bebas dari hukuma mati. Tapi jika kalah, nyawanya akan melayang. Bernstein setuju. Bernstein berhasil mengalahkan perwira itu dengan mudah dan akhirnya selamat dari hukuman mati.

Halaman:

Editor: Muhammad J.H


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x