Persib Bandung Dikalahkan Arema FC, Namun Tetap Jadi Pemuncak Klasemen Meski Nilai Sama, Kok Bisa?

- 10 Januari 2022, 08:44 WIB
Persib Bandung Dikalahkan Arema FC,  Namun Tetap Jadi Pemuncak Klasemen Meski Nilai Sama, Kok Bisa?
Persib Bandung Dikalahkan Arema FC, Namun Tetap Jadi Pemuncak Klasemen Meski Nilai Sama, Kok Bisa? /Persib.co.id

DEMAK BICARA - Persib Bandung Pernah Kalah dari Arema FC,  Namun Tetap Jadi Pemuncak Klasemen Meski Nilai Sama, Kok Bisa?

Persib Bandung tetap memimpin klasemen sementara Liga 1 hingga pekan ke-18 Liga 1 musim ini, meski memiliki nilai yang sama dengan dengan Arema FC. Termasuk fakta, jika secara head to head, Persib Bandung juga pernah kalah dari Arema. Kok bisa?

Klasemen sementara Liga 1 hingga pekan ke-18, masih menempatkan Persib Bandung di peringkat satu, disusul Arema FC dan Bhayangkara FC, meski ketiganya memiliki nilai sama, 37 poin. Kok bisa? padahal Persib Bandung pernah kalah dari Arema FC.

Baca Juga: Update Klasemen, Poin Sama, Persib Bandung Masih Kokoh Dipuncak, Arema - Bhayangkara Membuntuti, Ini Alasannya

Sesuai aturan atau regulasi Liga 1, jika mengacu pada Pasal 9 poin 4b tentang Sistem Kompetisi, aturan terkait penentuan peringkat di klasemen sudah jelas.

Jika ada dua atau lebih klub dengan poin yang sama, maka pemeringkatan ditentukan berdasarkan head to head, atau pertemuan hasil kedua atau lebih klub yang dimaksud.

Jika cara tersebut masih belum ada hasilnya, maka pemeringkatan akan dihitung berdasarkan agregat atau selisih gol.

"Apabila terdapat 2 Klub atau lebih memiliki jumlah poin yang sama, maka penentuan peringkat ditentukan berdasarkan kriteria-kriteria dan urutan sebagai berikut," bunyi Pasal 9 poin 4b.

"Head-to-head dengan urutan kriteria: Jumlah poin yang lebih tinggi didapat masing-masing klub dari pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan hanya di antara klub-klub terkait yang memiliki jumlah poin yang sama," terang regulasi tersebut.

Halaman:

Editor: Maxcimilian Arcello


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah