Waduh! FIFA Match Day Yang Semula Digelar di JIS Kini di Batalkan, PSSI: Stadion Belum Layak!

- 10 September 2022, 06:55 WIB
Waduh! FIFA Match Day Yang Semula Digelar di JIS Kini di Batalkan, PSSI: Stadion Belum Layak!
Waduh! FIFA Match Day Yang Semula Digelar di JIS Kini di Batalkan, PSSI: Stadion Belum Layak! /Instagram @jakinstadium
 
DEMAK BICARA - Laga Fifa Match Day yang semula digelar di Jakarta International Stadium (JIS) kini dibatalkan oleh pihak PSSI.

FIFA Match day antara Timnas Indonesia VS Curacao yang sedianya digelar di JIS  pada 27 september tidak jadi terlaksana.

Alasan tersebut karena Pihak PSSI melakukan uji kelayakan  JIS masih belum dianggap layak untuk menggelar FIFA Match Day.
 

Berdasarkan hasil inspeksi tim Infrastructure Safety and Security PSSI, Stadion JIS masih belum memenuhi kelayakan 1000% dari segi infrastruktur yang meliputi area drop off tim, sirkulasi aktivitas terkait pertandingan di outer perimeter menumpuk di barat utara).

"Sehingga untuk menggelar sebuah pertandingan FIFA Match Day yang mengundang animo penonton sangat banyak maka perlu dilakukan simulasi terkait jumlah penonton mulai dari 25 %-50%-75%-100% dari perhitungan maximum safety capacity," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi dikutip pada laman PSSI.

Yunus menambahkan untuk ukuran JIS yang begitu megah (dengan daya tampung 80 ribu kursi) hanya bisa menampung parkir sekitar 800 unit kendaraan roda empat itu sangat riskan. padahal, jika timnas main, animo masyarakat berduyun-duyun ke Stadion sangat tinggi.
 

Selain itu masuk stadion hanya satu pintu sehingga dikhawatirkan jika bersamaan keluar kan memakan waktu yang lama.

Kendala lain adalah biaya sewa stadion yang tinggi. Tim sekelas Persija Jakarta pun lebih memilih Stadion di Bekasi. Tentu juga selain karena infrastruktur yang belum memadai.

Saat ini PSSI masih dalam taraf pembicaraan dengan beberapa stadion untuk pertandingan  27 september 2022 diantaranya stadion Pakansari Bogor dan Stadion Patriot Bekasi.***

Editor: Kusuma Nur


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x