Sivakorn Pu Udom, Wasit VAR Kontroversial Asal Thailand Terlibat di Laga Indonesia vs Irak

- 2 Mei 2024, 17:11 WIB
Sivakorn Pu Udom akan bertugas sebagai asisten wasit VAR pada laga Indonesia vs Irak di Piala Asia U23 2024.
Sivakorn Pu Udom akan bertugas sebagai asisten wasit VAR pada laga Indonesia vs Irak di Piala Asia U23 2024. /Instagram/@indozone.id/

DEMAK BICARA - AFC telah resmi menunjuk wasit asal Thailand, Sivakorn Pu Udom sebagai asisten wasit VAR pada laga perebutan peringkat ketiga Piala Asia U23 2024 antara Indonesia vs Irak.

Sebelum laga Indonesia vs Irak, Sivakorn Pu Udom sempat membuat publik Indonesia jengkel karena dianggap tidak adil dan memicu kontroversi ketika menjadi wasit VAR pada laga Garuda Muda di Piala Asia U23 2024.

Di fase grup Piala Asia U23 2024 saat Qatar vs Indonesia, Sivakorn Pu Udom yang nanti akan jadi asisten wasit VAR di laga Indonesia vs Irak memantik emosi para suporter dan tim Garuda Muda lantaran memberikan penalti bagi tuan rumah saat menjadi wasit VAR.

Baca Juga: Jelang Laga Indonesia vs Irak, Shin Tae Yong Sampaikan ‘Pesan’ kepada AFC dan Wasit di Piala Asia U23 2024

Tak hanya itu, gelandang Timnas Indonesia, Ivar Jenner bahkan harus dikartu merah oleh wasit utama Nasrullo Kabirov setelah mendapat masukan dari Sivakorn Pu Udom di ruang VAR.

Kontroversi pun berlanjut di laga semifinal Piala Asia U23 2024 ketika Indonesia dikalahkan Uzbekistan. Sivakorn mempunyai peran krusial di ruang VAR saat membatalkan penalti bagi Indonesia dan gol Muhamad Ferrari.

Kemudian, kartu merah yang diterima Rizky Ridho pun menjadi hal yang tak luput dari peran Sivakorn ketika sang kapten Garuda Muda secara 'tak aktif' melakukan pelanggaran terhadap pemain Uzbekistan.

Asisten wasit VAR

Pada laga perebutan peringkat ketiga antara Indonesia vs Irak mendatang, Sivakorn kembali ditunjuk AFC bertugas di ruang VAR, namun kali ini sebagai asisten wasit VAR.

Sementara itu, wasit utama VAR akan diemban oleh Abdullah Dhafer Al Shehri dari Arab Saudi.

Majed Mohammed Alshamrani asal Arab Saudi akan menjadi wasit utama di lapangan. Majed juga merupakan pengadil utama yang bertugas saat laga Indonesia vs Australia di fase Grup A Piala Asia U23 2024.

Halaman:

Editor: Ryadh Fadhillah Junianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah