Profil Calvin Verdonk, Calon Pemain Timnas Indonesia yang Segera Jadi WNI

- 3 Juni 2024, 19:30 WIB
Calvin Verdonk (kiri) bersama Sekjen PSSI, Yunus Nusi.
Calvin Verdonk (kiri) bersama Sekjen PSSI, Yunus Nusi. /Dok. PSSI/

DEMAK BICARA - Dua calon pemain sepak bola Indonesia, Calvin Verdonk dan Jens Raven telah mendapatkan persetujuan naturalisasi dari Komisi X dan Komisi III DPR RI.

Persetujuan ini diberikan kepada Calvin Verdonk dan Jens Raven dalam rapat kerja bersama dengan Kementerian Hukum dan HAM serta Kementerian Pemuda dan Olahraga, yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian, di Gedung DPR, Jakarta, pada hari Senin, 3 Juni 2024.

Proses ini merupakan langkah awal sebelum Calvin Verdonk dan Jens Raven dapat bergabung dengan Timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih Shin Tae Yong.

Baca Juga: Naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven Disetujui Komisi III dan X DPR RI

Setelah mendapat persetujuan dari Komisi X dan Komisi III DPR RI, rekomendasi ini akan disampaikan dalam rapat paripurna DPR untuk diambil keputusan final.

Jika disetujui dalam rapat paripurna, Verdonk dan Raven akan menjalani sumpah kewarganegaraan di Kementerian Hukum dan HAM. Setelah itu, mereka akan mengurus dokumen-dokumen administrasi seperti kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga untuk mendapatkan paspor Indonesia.

Langkah-langkah ini diperlukan agar mereka dapat secara resmi menjadi bagian dari Timnas Indonesia dan berkompetisi di berbagai ajang internasional.

Profil Calvin Verdonk

Bernama lengkap Calvin Ronald Verdonk, lahir pada 26 April 1997 di Dordrecht, Belanda. Ia merupakan pemain sepak bola keturunan Indonesia-Belanda.

Ayahnya, Ronald Alting Siberg, lahir di Meulaboh, Aceh pada 6 Februari 1958, sementara ibunya, Tamara Verdonk, lahir di Dordrecht, Belanda pada 18 September 1975. Verdonk memiliki darah Indonesia dari ayahnya yang berasal dari Aceh dan darah Belanda dari ibunya.

Verdonk adalah pemain dari akademi sepak bola Feyenoord, salah satu klub terbesar di Belanda. Karir profesionalnya dimulai pada April 2014 ketika ia menandatangani kontrak dengan tim akademi tersebut.

Halaman:

Editor: Ryadh Fadhillah Junianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah