Georgia Ukir Sejarah di EURO 2024: Lolos 16 Besar Usai Tumbangkan Portugal 2 -0

- 27 Juni 2024, 09:42 WIB
Suporter Timnas Georgia Terpukau dengan Sejarah di EURO 2024 Bisa Lolos 16 Besar
Suporter Timnas Georgia Terpukau dengan Sejarah di EURO 2024 Bisa Lolos 16 Besar /REUTERS/Wolfgang Rattay/

DEMAK BICARA - Georgia menuliskan tinta emas dalam Piala Eropa setelah menjadi debutan yang lolos ke fase gugur usai menumbangkan juara EURO 2016, Portugal, dengan skor 2-0 dalam pertandingan terakhir Grup F di Stadion Veltins-Arena, Schalke, Kamis dini hari WIB.

Khvicha Kvaratskhelia dan Georges Mikautadze menjadi pahlawan kemenangan fenomenal Georgia, mencetak gol pada masing-masing babak. Kemenangan ini membuat Georgia finis di urutan ketiga klasemen dengan empat poin dari tiga pertandingan, di bawah Portugal yang memuncaki grup dengan enam poin dan Turki juga enam poin sebagai runner-up.

Baca Juga: Suporter Timnas Georgia Terpukau dengan Sejarah di EURO 2024 Bisa Lolos 16 Besar

Georgia Lolos ke Babak 16 Besar

Georgia berhasil lolos ke babak 16 besar EURO 2024 setelah menjadi salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik. Sementara itu, Portugal berstatus juara Grup F. Pada babak 16 besar, Georgia akan bertemu Spanyol di Stadion RheinEnergie, Cologne, pada Senin pekan depan pukul 02.00 WIB, sedangkan Portugal akan berhadapan dengan Slovenia di Stadion Deutsche Bank Park, Frankfurt, sehari kemudian.

Baca Juga: Fase Grup Piala Eropa 2024 Berakhir: 16 Tim Lolos ke Babak 16 Besar Lengkap Dengan Jadwal Pertandingan

Jalannya Pertandingan

Pada babak pertama, Georgia menciptakan gol cepat setelah umpan Georges Mikautadze dikonversi menjadi gol oleh Khvicha Kvaratskhelia pada menit kedua, membawa Georgia memimpin 1-0.

Portugal berusaha keras menyamakan kedudukan, termasuk melalui tendangan bebas Cristiano Ronaldo yang dimentahkan kiper Georgia, Giorgi Mamardashvili. Diogo Dalot juga menciptakan peluang, tetapi sundulannya tidak menemui sasaran. Joao Palhinha melepaskan tendangan keras yang kembali diselamatkan oleh Mamardashvili.

Memasuki babak kedua, Portugal memperagakan permainan menyerang dengan peluang dari tendangan Danilo Pereira yang menyamping dari gawang. Georgia mengancam balik melalui tendangan keras Kvaratskhelia, yang dihalau kiper Portugal Diogo Costa.

Baca Juga: Daftar 11 Tim yang Sudah Pastikan Tempat di 16 Besar Euro 2024

Halaman:

Editor: Maya Atika


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah