Jadwal MotoGP Indonesia 2023 di Sirkuit Mandalika, Free Practice hingga Race Utama dari Semua Kelas Balap

- 11 Oktober 2023, 13:58 WIB
Para pembalap MotoGP saat berlaga di Sirkuit Mandalika tahun lalu.
Para pembalap MotoGP saat berlaga di Sirkuit Mandalika tahun lalu. /Dok. Yamaha MotoGP

DEMAK BICARA - Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah untuk balapan MotoGP Indonesia 2023 yang akan berlangsung mulai Jumat, 13 Oktober 2023. Ini adalah jadwal kali kedua balapan motor paling bergengsi digelar di sirkuit yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat tersebut.

Sebelum balapan utama di Sirkuit Mandalika itu berlangsung, terdapat beberapa jadwal sesi yang menarik untuk disaksikan, termasuk free practice (FP), practice, kualifikasi, sprint race, dan akhirnya balapan utama MotoGP.

Sebagai informasi, bahwa saat ini hasil dari sesi free practice (FP) tidak lagi digunakan untuk menentukan posisi awal pembalap di balapan MotoGP, termasuk pada jadwal balapan di Sirkuit Mandalika. FP merupakan sesi latihan bebas di mana para pembalap dapat menguji dan menyiapkan motor mereka.

Baca Juga: Insiden Buruk di MotoGP Mandalika Tahun Lalu Masih Menghantui, Marc Marquez: Kali Ini Kami Punya Ide!

Posisi awal di balapan utama akan ditentukan oleh hasil dari sesi practice. Sepuluh pembalap tercepat akan melaju ke sesi kualifikasi dua (Q2), sementara yang lainnya harus melalui sesi kualifikasi pertama (Q1) terlebih dahulu.

Setelah sesi kualifikasi selesai, akan ada satu balapan singkat yang dikenal sebagai sprint race yang digelar satu hari sebelum balapan utama. Balapan ini akan memiliki setengah jumlah putaran dari balapan utama.

Pertarungan di Sirkuit Mandalika akan menjadi salah satu momen penting dalam kalender balap MotoGP dan menjadi seri kedua balapan di Asia setelah GP Jepang di Sirkuit Motegi pada pekan sebelumnya.

Jadwal MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika

Berikut ini jadwal lengkap MotoGP Indonesia yang berlangsung di Sirkuit Mandalika selengkapnya:

Jumat, 13 Oktober 2023
Moto3     Practice 1         08.00 – 08.35 WIB
Moto2     Practice 1         08.50 – 09.30 WIB
MotoGP   Free Practice 1  09.45 – 10.30 WIB

Halaman:

Editor: Ryadh Fadhillah Junianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x