Arab Saudi Dipilih FIFA Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2034

- 2 November 2023, 14:22 WIB
Arab Saudi, Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034
Arab Saudi, Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034 /Muhammad Irfan Fadilah/

DEMAK BICARA - Presiden FIFA, Gianni Infantino, mengumumkan melalui akun Instagramnya pada Selasa, 31 Oktober 2023, bahwa Arab Saudi telah terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034.

Arab Saudi menjadi satu-satunya kandidat penyelenggara setelah Australia membatalkan pencalonannya sebagai tuan rumah.

Sebelum mengumumkan Arab Saudi, FIFA memberikan kesempatan kepada wilayah Asia dan Oseania untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034, setelah menunjuk Maroko, Spanyol, dan Portugal sebagai tuan rumah bersama untuk tahun 2030.

Baca Juga: FIFA Tunjuk Arab Saudi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034, Indonesia dan Australia Batal

"Pertunjukan terbesar di bumi (Piala Dunia) akan diselenggarakan di Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat pada 2026 di Amerika Utara," tulis Gianni di akun Instagramnya.

"Dua edisi FIFA World Cup berikutnya akan diselenggarakan di Afrika (Maroko) dan Eropa (Portugal dan Spanyol) dengan tiga pertandingan perayaan dimainkan di Amerika Selatan (Argentina, Paraguay, dan Uruguay) pada tahun 2030 dan di Asia (Arab Saudi) pada tahun 2034," tambah Gianni.

Gianni juga mencatat bahwa proses penawaran tuan rumah disetujui melalui konsensus oleh Dewan FIFA, dengan keenam konfederasi diwakili setelah dialog konstruktif dan konsultasi ekstensif.

Baca Juga: Preview dan Prediksi Susunan Pemain Arema FC vs Dewa United di BRI Liga 1 2023-2024 Pekan ke-18

Sebelum pengumuman ini, Indonesia sempat mempertimbangkan pencalonan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034, baik secara mandiri atau bersama dengan Australia dan Arab Saudi. Namun, akhirnya Indonesia, melalui PSSI, memberikan dukungannya kepada Arab Saudi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

Halaman:

Editor: Maya Atika


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x